Wagub Lepas Relawan Covid Ke Sejumlah Daerah di Papua

 

Wakil Gubernur Klemen Tinal saat memberi arahan kepada para Relawan Covid, Kamis (28/05/2020) pada acara pelepasan di halaman Kantor Dinas Kesehatan Papua.

 

JAYAPURA (PB.COM)—Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE.MM secara resmi melepas relawan mendukung program penanganan dan pencegahan covid-19 ke enam belas kabupaten/kota di Provinsi Papua. Para relawan Covid-19 adalah tenaga kesehatan yang terdiri dari dokter sebanyak 48 orang, para medis sebanyak 96 orang, tenaga epidemiologi sebanyak 14 orang dan 10 tenaga gizi.

Wagub Klemen Tinal meminta pata relawan melakukan tugas kemanusiaan ini dengan baik dan memberikan semangat kepada teman-teman paramedis lain yang saat ini sudah ada di kabupaten/kota. Dengan demikian, mereka bersama-sama secara timwork dapat melayani masyarakat dengan baik.

“Sehat itu kembali kepada masyarakat sendiri. Paramedis akan berusaha tapi kalau masyarakat tidak disiplin, tidak punya kesadaran yang tinggi untuk hidup sehat, maka akan membuat pekerjaan petugas medis menjadi berat,” kata Wagub Klemen kepada wartawan, Kamis (28/05/2020) usai melepas para relawan di halaman Kantor Dinas Kesehatan Papua.

Menurut Klemen Tinal, selain melayani secara medis, para relawan juga melakukan sosialisasi protokol kesehatan baik yang disampaikan oleh organisasi Kesehatan Dunia (WHO) maupun Kementerian Kesehatan  kepada masyarakat terkait virus corona dalam rangka memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Di samping melepas relawan covid-19, Pemprov Papua juga mendapat bantuan dari UNICEF berupa ventilator untuk rumah sakit Umum Jayapura, RSMI, RS Abepura, dan juga 7 rumah sakit rujukan covid-19 lainnya yang ada di Provinsi Papua.

“Terima kasih kepada UNICEF. Bantuan itu akan kami distribusikan dan kami harap bisa digunakan dengan baik, supaya  bantuan ini  dapat membawa hasil yang baik buat masyarakat di tanah Papua,” ucapnya.

Wagub juga berpesan kepada tim relawan untuk menjaga kesehatan dan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) ketika melaksanakan tugasnya. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *