Tim relawan khusus pemakaman jenazah Covid-19 dari UP2KP saat menurunkan peti jenazah pasien Covid di  Kota Jayapura, Papua beberapa waktu lalu.

 

JAYAPURA (PB.COM)Bumi Cenderawasih berduka! Salah seorang pasien positif Covid-19 di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua meninggal dunia, Kamis (11/6/2020) setelah menjalani perawatan selama dua pekan.

“Malam hari ini dapat kami sampaikan ada tambahan 1 kasus kematian yang terjadi di  salah satu rumah sakit di Kabupaten Mimika. Seorang lelaki usia 50 tahun dengan penyakit penyerta kencing manis. Petugas kesehatan kami kami telah memberikan pelayanan yang terbaik selama kurang lebih 20 hari, kepada beliau Namun Tuhan berkehendak lain dan hari ini dinyatakan telah meninggal dunia. Atas nama Tim Satgas Covid Papua kami menyampaikan turut berduka cita sedalam-dalamnya,” kata Juru Bicara Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K) saat memberi keterangan pers secara virtual dari Media Center Satgas Covid-19 Provinsi Papua, Kamis (11/06/2020).

Update Data Perkembangan Covid-19 di Provinsi Papua per 11 Juni 2020.

 

Berdasarkan data, dengan tambahan 1 kasus kematian ini, jumlah pasien Covid di Papua yang telah meninggal dunia adalah sebanyak 15 orang atau 1 persen dari total jumlah kasus. Kota Jayapura adalah daerah dengan kasus kematian terbanyak yakni 8 orang, menyusul Mimika 6 orang dan Kabupaten Jayapura 1 orang.

Sumule juga menjelaskan, per 11 Juni 2020, ada penambahan 22 pasien baru sehingga total angka kumulatif pasien Covid di Bumi Cenderawasih mencapai 1.169 orang, dimana 824 pasien sedang dalam perawatan, 330 orang dinyatakan sembuh, dan 15 orang meninggal.

“Sebanyak 22 kasus positif itu adalah 9 orang dari Mimika, 4 orang dari Biak Numfor, 1 orang dari Merauke, 4 orang dari Keerom, dan  4 orang dari Kota Jayapura. Kemudian, jumlah ODP sebanyak  3.283 orang, PDP sebanyak 767 orang,” kata Sumule.

Menurut Sumule, Satgas Covid Papua memberi perhatian khusus bagi daerah yang baru bertambah kasusnya setelah sekian lama tak ada tambahan kasus yaitu Merauke.

“Kami minta Pemda Merauke untuk tidak mengendorkan upaya-upaya pencegahan dan penanganan covid-19. Segera mengambil langkah-langkah taktis dan sistematis agar kasus baru yang muncul untuk dapat dicegah penyebarannya. Kami Tim Satgas Provinsi Papua siap memback up semua langkah-langkah yang diambil,” tegasnya. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box