12 Anak Pasien Covid di Kota Jayapura Sembuh

Belasan anak pasien Covid di Jayapura yang telah sembuh berpose bersama saat dilepas secara resmi oleh Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Jayapura di Hotel Sahid, Entrop.

 

JAYAPURA (PB.COM) Sebanyak 12 anak pasien virus Corona atau Covid-19 di Kota Jayapura, Provinsi Papua yang selama ini menjalani perawatan di Hotel Sahid dinyatakan sembuh dan dipulangkan pada Kamis (18/06/2020).

“Hari ini yang sembuh dan pulang 15 orang anak dan 1 orang dewasa. Dari 15 orang anak itu, 12 anak adalah pasien Covid yang telah sembuh. Sedangkan 3 anak adalah yang kontak erat dengan orang tuanya sakit, sehingga mereka ikut ibu dan bapaknya yang dirawat di sini,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Jayapura, dr. Ni Nyoman Sri Antari kepada pers , Kamis (18/6/2020) siang di Hotel Sahid Kelapa Dua Entrop, Jayapura Selatan.

Menurut dr Nyoman, saat ini terdapaat 100 lebih pasien Covid di Kota Jayapura yang masih dirawat di Hotel Sahid. Sebab jumlah kasus di wilayah ini  sudah mencapai 600-an.

“Nanti yang masuk akan  bertambah lagi karena memang masih ada pasien yang positif berada di luar,” kata Nyoman.

Nyoman yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura ini meminta agar masyarakat senantiasa mematuhi protokol kesehatan di tengah kebijakan relaksasi kontekstual menuju era New Normal. Selain itu, upaya untuk memeriksakan diri untuk mengetahui status Covid bagi yang beresiko adalah langkah yang baik bagi penanganan lebih dini.

“Jangan buat stigma negatif kepada pasien Covid.  Sebab pasien yang terjangkit virus Corona ini bisa sembuh. Masyarakat tidak usah takut. Jadi kalau ikut test. Hasilnya rapid reaktif harus di-swab. Yang swab kemudian hasilnya positif kita tangani. Jadi jangan dikucilkan ataupun dimusuhi. Justru kita bantu,” tegasnya.

Ia menegaskan kendati jumlah pasien Covid 19 di Provinsi Papua, khususnya Kota Jayapura masih terus meningkat, namun angka kesembuhan juga terus bertambah dari hari ke hari dan jumlah kematian sangat kecil.

“Kasus kematian itu banyak yang terjadi di luar Papua. Kalau di sini, justru kita temukan sedini mungkin sehingga kita tangaani segera. Seperti kasus pada anak-anak ini, tangani cepat dan mereka sudah sembuh,” tutupnya.

Berdasarkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Jayapura1 per 17 Juni 2020, jumlah kasus Covid di negeri Port Numbay tertinggi se-Provinsi Papua yaitu 616 orang dimana, 439 pasien sedang dalam perawatan, 169 orang dinyatakan sembuh, dan 8 orang meninggal dunia. Sementara Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 203  orang dan Pasien Dalam Pengawasan sebanyak 18 orang, dan Orang Tanpa Gejala (OTG) berjumlah 96 orang. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *