Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto memberikan sambutannya pada rapat koordinasi penangan Covid-19 dengan bupati dan wali kota se-Papua via video conference.

JAYAPURA (PB.COM) – Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto memberi apresiasi kepada rumah sakit di Papua yang mampu menekan angka kematian pasien positif Covid-19.

“Saya bayangkan dengan kondisi apa yang ada disini, kemampuan rumah sakitnya ternyata mampu menekan angka kematian sedemikian kecilnya,” ungkap Terawan dalam sambutannya pada rapat koordinasi penangan Covid-19 dengan bupati dan wali kota se-Papua via video conference.

Turut hadir Kementerian Kesehatan RI, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo dan tim Gugus Tugas Pusat di Jayapura, Selasa (7/7/2020) yang dihadiri  Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal dan Forkopimda.

Menkes meyakini Papua akan dapat mempertahankan minimnya pasien positif Covid-19 yang meninggal, hal ini dapat dilihat dari semangat dan motivasi semua aparat dalam melakukan penanganan dan pencegahan pandemic virus asal Wuhan, China tersebut.

“Saya melihat sanitasi Papua ini sangat baik dan hal ini harus memang menjadi sebuah kewajiban untuk dilakukan, saya yakin dilakukan oleh tim gugus tugas bersama-sama dengan aparat Dinas Kesehatan,” terangnya.

Mengenai kebutuhan PCR, Terawan mengaku akan kebutuhan tersebut tinggal bagaimana Dinas Kesehatan melakukan koordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan Gugus Tugas Pusat.

Pada kesempatan tersebut dirinya meyakini Provinsi Papua dapat menekan angka penyebaran dan penularan Covid-19, sehingga dapat menjadi zona hijau. “Saya yakin Papua akan menjadi zona hijau seperti hutannya,” tambahnya. (Toding)

Facebook Comments Box