Mitra Kerja Pemerintah Dianjurkan Swab Test

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE.MM saat memberikan keterangan terkait swab test.

JAYAPURA (PB.COM) – Untuk mendeteksi penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), jajaran mitra kerja pemerintah di Bumi Cenderawasih dianjurkan melakukan swab test mulai Senin 31 Agustus 2020.

“Kami berpikir pemerintah provinsi dan semua mitranya kerja sampai ke kabupaten/kota dianjurkan supaya mulai minggu depan kita bisa swab semuanya,” kata Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE.MM.

Rencana itu menyusul perpanjangan adaptasi new normal tahap II, sebagaimana hasil Rapat Forkompinda,  tim Satgas Covid-19 serta perwakilan kepala daerah se Papua di Jayapura, Kamis (27/8/2020).

Menurut Wagub, lingkungan kantor dikuatirkan menjadi tempat penyebaran virus Corona sehingga timbul cluster baru timbul hanya karena kelalaian.

“Sehingga saat kita melayani masyarakat kita bisa pastikan bahwa sebenarnya di kantor yang kita pimpin juga sudah bebas dari pada virus Corona,” terangnya.

Ia berharap pimpinan instansi secara proaktif mulai Senin pekan depan melakukan swab test, dapat dilakukan sendiri atau melakukan koordinasi dengan Satgas Covid-19 provinsi maupun kabupaten/kota.

“Sebagai contoh kita bisa lihat kemarin, ada pengiriman pasukan mereka minta swab test,” tandasnya. Selain itu, ASN pada kabupaten/kota dianjurkan melakukan swab test.

Klemen menjelaskan Papua telah lewati puncak tertinggi penyebaran covid-19 di Papua. Sehingga, Pemprov berharap dalam hal pelayanan khususnya pemerintahan, harus dipastikan bahwa orang yang akan melayani masyarakat bebas dari covid-19.

“Sebelum kita melayani masyarakat, kita sudah pastikan kita semua terbebas dari covid-19, sehingga tidak ada lagi klaster baru yang timbul karena kita lalai,” katanya.

Ia berharap, seluruh Pimpinan daerah maupun Provinsi Papua, segera mempersiapkan diri, dalam hal sarana prasarana untuk tes tersebut.

“Kalau ada kabupaten yang belum siap atau belum memiliki alat PCR bisa bersurat ke Satgas Covid-19 Papua, sehingga bisa di bantu proses swabnya sampai pemeriksaan PCR,” kata Klemen. (Toding)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *