Berkas Diterima KPU, IMANI Optimis Menangi Pilkada Supiori 2020

Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Supiori, Drs. Yan Imbab dan Nichodemus Ronsumbre ketika tiba di Kantor KPU Supiori, Minggu (06/09/2020).

 

SORENDIWERI (PB.COM)—Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Supiori, Provinsi Papua secara resmi menerima berkas pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Supiori 2020-2025, Drs. Yan Imbab dan Nichodemus Ronsumbre. Pasangan hasil koaliasi Partai Golkar dan Demokrat yang akrab dikenal dengan IMANI ini mendaftar ke KPUD Supiori pada Minggu (06/09/2020).

Para pendukung mengarak pasangan IMANI dari Posko Induk menuju Kantor KPU Supiori dikawal aparat kepolisian dengan suasana tertib dan aman. Balon Bupati, Yan Imbab dan Balon Wabup, Nichodemus Ronsumbre bersama masa pendukung tiba di KPU tepat pukul 14.00 WIT.

Di tengah kondisi pandemi Covid-19 dimana protokol kesehatan sangat ketat, massa yang ikut masuk ke dalam Kantor KPUD Supiori bersama calon pemimpinnya ini pun dibatasi. Sebagian besar merekau menunggu di luar.

Plt Ketua KPU Supiori, Selvia Mundoni,S.T ketika menerima penyerahan berkas dari bakal paslon IMANI yang diserahkan oleh Ketua Tim Sukses IMANI, Yustinus Mandosir, MM bersama bakal calon bupati, Drs Yan Imbab dan bakal calon wakil bupati, Nichodemus Ronsumbre di Kantor KPUD Supiori.

 

Proses verifikasi yang dilakukan oleh KPU Supiori berlangsung selama kurang lebih ua jam. Sebab pimpinan KPU sempat menskor proses verifikasi selama 2 kali agar paslon melengkapi berkas-berkas yang belum lengkap. Setelah dilengkapi, KPU kembali melakukan verifikasi.

Dari hasil verifikasi terhadap B-KWK Parpol tentang surat pencalonan, B.1-KWK Parpol tentang keputusan DPP partai politik tentang persetujuan paslon, B.2-KWK Parpol tentang surat pernyataan kesepakatan parpol dalam pencalonan, dan B.3-KWK Parpol tentang surat pernyataan kesepakatan antara parpol dengan paslon, maka KPU Supiori secara resmi menerima pencalonan pasangan IMANI dan mengeluarkan berita acara penerimaan berkas disertai lampiran untuk pemeriksaan kesehatan yang bakal dilaksanakan di Jayapura sesuai dengan Memorandum Of Understanding (MoU) antara KPU Provinsi Papua dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Provinsi Papua.

Imani Yakin Menang

Usai pendaftaran kepada awak media, Balon Bupati Supiori dari paket IMANI, Drs. Yan Imbab secara gamblang mengungkapkan optimisme bakal memenangi Pilkada Supiori 2020 yang digelar pada 9 Desember 2020 mendatang.

Terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena Tuhan baik sehingga memberikan kesempatan kepada kami pada hari ini, Minggu 6 September 2020, kita menjadi pasangan terakhir yang mendaftar dan syarat-syarat sudah dipenuhi. KPU secara resmi menerima pasangan kami sebagai bakal calon untuk berkontestasi pada 9 Desember 2020,” ujar Yan.

Menurut Yan, memang ada beberapa berkas yang  harus dilengkapi, tetapi sudah secara fisik dibuat surat dari Tim Kampanye IMANI kepada Ketua Pengadilan Negeri Biak dan juga Pengadilan Niaga Makassar.

“Saya yakin pada waktu yang tidak terlalu lama, surat tersebut sudah diterima oleh Tim kampanye untuk selanjutnya dilaporkan,” sebutnya.

Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Supiori, Drs. Yan Imbab dan Nichodemus Ronsumbre ketika mengikuti proses verifikasi di Kantor KPU Supiori.

 

Menyoal visi paslon IMANI, Yan menegaskan pihaknya berkomitmen untuk mewujudkan Kabupaten Supiori menjadi kabupaten unggul di bidang pariwisata, perikanan dan kelautan. Selain itu, program prioritas lainnya ialah membenahi bidang  pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan  ekonomi kerakyatan.

Tak hanya itu Imbab mengklaim ada kader partai lain yang “membelot” untuk berada di barisan IMANI, hal ini semakin memperkuat komitmen pihaknya memenangi Pilkada Supiori 2020.

Sementara itu, Plt. Ketua KPU Supiori, Selvia Mundoni,S.T menjelaskan bahwa paslon IMANI menjadi bakal calon ke 4 yang mendaftar dalam Pilkada Supiori tahun ini.

“Sesuai regulasi kan, pendaftaran dibuka mulai pukul 08.00-24.00 WIT, tetapi karena Supiori pulau injil, maka kita buka seusai ibadah atau pukul 12.00 WIT. Dimana LO (Liaison Officer—Red.) itu meregistrasi pendaftaran pada pukul 14.00 WIT,” katanya.

Pasangan IMANI usai proses pendaftaran di Kantor KPU Supiori.

 

Menurut Selvia, pihaknya telah menerima berkas yang diantar langsung oleh pasangan INSANI dan selanjutnya mengecek syarat pencalonan, meneliti dan memverifikasi.

“Kita melakukan dua kali skors pleno, karena berkas pencalonan belum di-fotocopy. Nah setelah di-fotocopy dan diurutkan, kami beri waktu 2 jam untuk mengurutkan form B.1-KWK Parpol, B.2-KWK Parpol, dan B.3-KWK Parpol,” kata Silvia.

Selvia menegaskan, berkas pencalonan dari paslon IMANI memenuhi syarat dan diterima oleh KPUD Supiori dan dikeluarkan berita acara penerimaan berkas. Antara lain, lampiran pemeriksaan kesehatan baik untuk pemeriksaan narkoba, pemeriksaan kesehatan lengkap dan psikotest yang dilaksanakan di Kota Jayapura, merujuk pada MoU KPU Provinsi Papua dan IDI Provinsi Papua.

“Untuk pemeriksaan kesehatan, kami sudah kerjasama dengan IDI Biak-Supiori dalam hal ini dr. Janggo. Nanti beliau yang pengurutan pemeriksaan calon. Untuk Supiori sesuai jadwal dari KPU Provinsi itu tanggal 4-11 September,” tutup Selvia. (Yamander Yansenem/Gusty)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *