Masuki Adaptasi New Normal, KKP Minta Warga Papua Wajib Pakai Masker

KKP Jayapura dan Poltekes Kemenkes Jayapura saat membagikan masker dan media KIE kepada masyarakat di Lampu Merah Dok II Jayapura, depan Kantor Pusat Bank Papua, depan pelabuhan dan pasar trdisional di Koya, Sabtu (05/09/2020)

 

JAYAPURA (PB.COM)Dengan adanya penerapan adaptasi New Normal di seluruh Papua sejak 3 Sepetember 2020, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Jayapura bersama Poltekes Kemenkes Jayapura berkolaborasi mengambil peran dalam upaya meningkatkan kesadaran warga untuk tetap menjaga protokol kesehatan, khususnya wajib menggunakan masker.

Oleh karena itu, Sabtu (05/09/2020), KKP Jayapura dan Poltekes Jayapura menggelar aksi peduli  masker  dengan  pembagian masker dan media KIE (Komunikasi Informasi dan Edukasi) gratis kepada masyakarat di Kota Jayapura dan Sentani. Aksi ini dilakukan secara serentak 16 titik di Kota Jayapura dan Senatani seperti fasilitas umum, poros jalan, traffic light (lampu merah), pasar tradisional, dan tempat wisata.

KKP Jayapura dan Poltekes Kemenkes Jayapura saat membagikan masker dan media KIE kepada masyarakat di Bandara Sentani dan depan Poltekes Jayapura, Sabtu (05/09/2020)

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Jayapura Harold M. Pical, SKM.M.Kes mengatakan masker yang dibagikan bersumber dari Ditjen P2P Kemenkes RI dan distribusiakan oleh KKP melalui Poltekes Kemenkes Jayapura.

“Gerakan peduli masker yang dilaksanakan, merupakan upaya untuk mendukung pemerintah dalam menekan kasus covid-19 di Indonesia, khususnya di Papua. Masyarakat di Papua harus dapat beradapatasi dengan kebiasaan baru, dimana masker menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat dan menjadi kewajiban untuk selalu dipakai kemana pun saat beraktivitas luar rumah maupun di rumah,” kata Harold sebagaimana rilis yang diterima papuabangkit.com, Selasa (08/09/2020)

KKP Jayapura dan Poltekes Kemenkes Jayapura saat membagikan masker dan media KIE kepada masyarakat di Pasar Cigombong Kotaraja, Sabtu (05/09/2020)

 

Menurut Harold, selain wajib menggunakan masker, protokol kesehatan lain juga harus tetap dipatuhi masyarakat Papua demi mencegah Covid yakni menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Ia mengatakan, dalam adaptasi kebiasaan baru, pada saat berkendaraan dan berpergian keluar  rumah, protokol kesehatan harus dipatuhi. Dan sebagai sebuah budaya baru, tentu saja hal ini butuh penyesuaian  oleh masyarakat dan harus diingatkan secara terus menerus lewat kegiatan sosialisasi seperti ini.

KKP Jayapura dan Poltekes Kemenkes Jayapura saat membagikan masker dan media KIE kepada masyarakat di depan Kantor Gubernur Dok II Jayapura, Sabtu (05/09/2020)

 

“Seperti membawa helm sendiri, menggukan penyekat plastik pada motor, menggunakan sarung tangan, membawa tisu basah/kering, membawa hand sanitizer, pakai sarung tangan, alat ibadah pribadi, tote bag/kantong belanja, masker cadangan, kantong masker habis pakai, jaket yang nyaman dan praktis, sabun cair, botol minum/ peralatan makan milik sendiri dan apapun yang berhubungan guna memutuskan penyebaran covid-19,” tegasnya. (Rilis KKP Jayapura/Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *