Bupati UGW Terima 8 Rekomendasi Hasil Kongres Mahasiswa dan Pelajar Tolikara

Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo saat menerima hasil Kongres HMPT Ke-VII dari Pimpinan Sidang Johni Towolom didampingi Sekretaris Yotam R.Wonda, SH dan tiga anggota.

 

JAYAPURA (PB.COM)—Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo, SE,M.Si menerima delapan (8) rekomendasi yang dihasilkan dalam sidang kongres Himpunan Mahasiswa dan Pelajar Tolikara (HMPT) Ke-VII, Kamis (15/04/2021) di Grand Abe Hotel, Jayapura.

Penyerahan rekomendasi dilakukan oleh pimpinan sidang Johni Towolom didampingi Sekretaris Yotam R.Wonda, SH dan tiga anggotanya yakni Terius Wakur, S.IP, Noce Wenda, SH, dan Eimus Weya kepada Bupati yang akrab dikenal UGW itu.

Ketua HMPT terpilih bersama pengurus turut hadir menyaksikan penyerahan hasil Kongres HMPT Ke-VII yang digelar pada 28-30 Maret 2021 di Aula Asrama Putra Tolikara di Yoka, Jayapura itu.

Adapun 8 rekomendasi yang dihasilkan dalam Kongres HMPT ke-VII tersebut. Pertama, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tolikara memfasilitasi pembentukan salah satu wadah/organisasi untuk menghimpun orang Tolikara yang tersebar di seluruh Indonesia. Kedua, Pemkab Tolikara dalam waktu dekat membantu para intelektual Tolikara membentuk tim formatur untuk menggelar kongres nasional itu guna merumuskan seperti apa wadah ini dibentuk.

Ketiga, biaya pembinaan HMPT bersumber dari bantuan biaya pendidikan dari Pemkab Tolikara. Keempat, Pemkab Tolikara segera membangun Asrama Mahasiswa dan Pelajar di Kabupaten Jayapura. Kelima, pada saat Pemkab Tolikara mengelar rapat, pembahasan, dan atau musyawarah daerah, serta hal serupa lainnya, HMPT wajib dilibatkan sebagai anggota dewan penyantun.

Keenam, Pemkab Tolikara menindak tegas warga yang menjual minuman keras (miras)/beralkohol atau miras lokal di seluruh wilayah Tolikara. Ketujuh, Pemkab Tolikara tidak menerima transmigran non Papua di Tolikara. Kedelapan, Pemkab Tolikara mewajibkan para pengusaha non Papua dan Papua memiliki ijin usaha.

Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo, SE,M.Si usai menerima rekomendasi itu memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh mahasiswa dan pelajar Tolikara yang telah sukses menggelar Kongres HMPT Ke-VII.

Menurut UGW, dalam kongres ini peserta telah menghasilkan pemikiran dan ide-ide cemerlang yang bermanfaat bagi pembangunan infrastruktur sosial, infrastruktur fisik, penyiapan Sumber daya Manusia (SDM), dan pertumbuhan ekonomi daerah.

“Mahasiswa dan Pelajar Tolikara telah menjadi bagian penting dalam pembangunan Tolikara karena sesungguhnya pemuda adalah agen perubahan. Saya menerima rekomendasi hasil kongres HMPT Ke-VII ini, kita akan pelajari dan tidak semua kita jawab namun kita lihat mana yang menjadi prioritas,” ujar Bupati UGW.

UGW mengatakan, dari delapan poin rekomendasi ini, semuanya adalah poin penting dan akan disampaikan secara tertulis kepada tim formatur bersama pengurus yang terpilih. Namun poin yang dianggap paling mendesak saat ini adalah pembentukan organisasi kemasyarakatan yang menjadi wadah untuk menyatukan seluruh orang Tolikara yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Saya minta kepada tim formatur untuk segera menyiapkan pembentukan wadah yang bersifat nasional ini. Para intelektual segera merumuskan persiapan-persiapannya,” tegas Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Papua ini. (Derwes Yikwa/Diskominfo Tolikara)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *