Benyamin Gurik Jadi Ketua Tim Formatur Pembentukan Wadah Nasional Pemersatu Masyarakat Tolikara

Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo, SE.M.Si ketika menyerahkan surat tugas kepada Benyamin Gurik sebagai Ketua Formatur pembentukan wadah nasional yang menghimpun seluruh masyarakat Tolikara.

 

JAYAPURA (PB.COM)—Bupati Tolikara, Papua, Usman G. Wanimbo, SE,M.Si menunjuk Benyamin Gurik sebagai Ketua Tim Formatur untuk menyiapkan pembentukan wadah nasional yang bisa menaungi dan menghimpun semua orang Tolikara di seluruh Indonesia.

Surat penunjukkan bernomor 100/021/BUP/2021 ini diserahkan langsung oleh bupati yang akrab dikenal UGW itu kepada Benyamin Gurik beserta anggotanya, Kamis (15/04/2021) di Grand Abe Hote, Jayapura.

Menurut Bupati UGW, pembentukan wadah nasional untuk menghimpun seluruh masyarakat Tolikara adalah satu dari delapan poin rekomendasi yang dihasilkan dalam kongres Himpunan Mahasiswa dan Pelajar Tolikara (HMPT) Ketujuh (VII) pada 28-30 Maret 2021 lalu di Aula Asrama Putra Tolikara di Yoka, Jayapura.

“Saya sudah terima rekomendasi hasil kongres dan ini adalah salah satu rekomendasi yang mendesak yaitu pembentukan wadah nasional untuk menghimpun semua orang Tolikara. Karena itu, hari ini saya sudah tunjuk ketua dan anggota tim formatur untuk menyiapkan segera pelaksanaan kongres guna pembentukan wadah dimaksud,” kata Bupati UGW.

UGW juga menegaskan, ketua dan tim formatur yang telah ditunjuknya bertugas menghimpun dan mengkonsolidasi persiapan pembentukan wadah  itu dengan memperhatikan empat hal penting. Pertama, mendukung penuh tim formatur untuk membentuk wadah intelektual, mahasiswa dan masyarakat Tolikara seluruh Indonesia. Kedua, memerintahkan tim formatur untuk membangun komunikasi dengan seluruh Himpunan Mahasiswa dan Pelajar Tolikara di setiap kota studi guna mensinkronkan dan mensosialisasikan rencana dan program kerja organisasi ini.

 Ketiga, mendukung penuh penyeragaman nama wadah atau organisasi kemahasiswaan Tolikara setiap kota studi seluruh Indonesia dalam upaya persamaan persepsi. Keempat, Pemerintah Kabupaten Tolikara sebagai pembina kepemudaan, organisasi kemasyarakatan, dan organisasi politik bersedia mendukung pembiayaan operasional sesuai kemampuan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang mengacu kepada undang-undang yang berlaku,” kata UGW yang juga Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Papua ini.

Sementara itu Benyamin Gurik usai menerima surat tugas itu mengatakan dirinya mengapresiasi seluruh mahasiswa dan pelajar asal Tolikara di kota studi Jayapura yang telah melahirkan ide untuk membentuk wadah yang bakal menghimpun semua masyarakat dan mahasiswa Tolikara di seluruh Indonesia ini.

Ia juga beterima kasih kepada Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo yang telah memberi kepercayaan kepadanya sebagai ketua tim formatur untuk segera mengatur dan menyiapkan kongres pembentukan wadah dimaksud.

“Setelah menerima surat bupati ini, saya bersama teman-teman tim formatur akan segera bergerak menyiapkan digelarnya kongres perdana. Saya minta dukungan semua pihak, baik pemuda, Aparat Sipil Negara maupun mahasiswa dan intelektual lainnya untuk sama-sama menyukseskan kongres perdana ini,” kata Benyamin.

Menurut Benyamin, pembentukan wadah atau organisasi nasional ini sesuai dengan visi Bupati UGW dengan tujuan mempersatukan seluruh masyarakat Tolikara yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

“Melalui wadah ini, akan didibangun kebersamaan, persatuan dan persaudaraan sebagai sesama orang Tolikara. Kami minta dukungan semua pihak bersama-sama merumuskan dan menyukseskan rencana digelarnya kongres perdana ini agar wadah dimaksud dapat terbentuk segera,” tegasnya. (GMR/Derwes Yikwa/Diskominfo Tolikara)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *