JAYAPURA (PB.COM)—Panitia Pelaksana (Panpel) Cabang Olahraga Cricket secara resmi menggelar test event Pekan Olahraga Nasonal (PON) XX yang berlangsung di Venue Crikcet, Doyo Baru, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu (15/09/2021).

Tes event yang dilakukan usai pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi anggota Panpel Cricket ini berlangsung sukses, dengan menggelar pertandingan antara tim Cricket Putra dan Putri Papua, serta simulasi sejumlah tugas dan fungsi dari panitia pelaksana.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Cricket Indonesia (PCI) Pusat yang juga selaku Technical Delegate (TD) Alberth Tangkudung Alberth mengatakan test event ini digelar untuk melihat kesiapan panitia pelaksana pertandingan dan venue pertandingan yang akan digunakan oleh setiap cabang olahraga saat PON XX. Selain pertandingan di area arena, test event juga mengecek seluruh kesiapan fasilitas pendukung suksesnya pertandingan seperti ruang dopping, kesehatan, dan tenaga UPP.

“Puji Tuhan kitab isa melaksanakan tes event hari ini. Secara keseluruhan tes event Cricket ini berjalan baik dan sukses. Ini menjadi modal bagus untuk menggelar pertandingan resmi Cricket di PON XX,” kata Alberth, Rabu.

Menurut Alberth, memang terdapat kekurangan perlengkapan dari Venue Cricket, tapi itu hanya beberapa item yang relative mudah diperoleh dan dipasang dalam waktu dekat.

“Misalnya tali pembatas bola. Kalau untuk panpel dan lainnya sudah siap,” pungkasnya.

Pertandingan resmi cabor Cricket di PON XX akan dimulai pada 26 September 2021. Ada tiga nomor untuk kategori putra dan putri yang bakal dipertandingkan yakni Super Six, Super Eight dan Twenty dengan total enam medali emas yang diperebutkan masing-masing tim putra maupun putri.

Adapun di tim putra yang akan meramaiman PON XX Papua di nomor lomba ini yakni kontingen Papua, DKI Jakarta, Banten, NTT, Jawa Barat, Bali, dan Sumatera Barat. Sedangkan tim putri akan saling berhadapan yakni kontingen Papua, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Bali, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Timur.

Sebelumnya, Panpel Cricket PON XX Papua selama dua hari, 13-14 Septeber 2021 menggelar Bimbingan Teknis guna melihat kesiapan panitia Hotel Horison Kotaraja. Giat ini dihadiri Ketua PCI Papua El Bahar Conoras, bersama Sekretaris Jenderal (Sekjen) PCI Pusat Alberth Tangkudung, General Manager PCI Pusat Muhamad Afi, dan Ketua Panitia Pelaksana Cabor Cricket PON Papua Idris Salama. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box