Dimulai Esok, Tinju PON Papua Pakai Lonceng Peraih MURI

Lonceng tinju berbahan baku besi berat 50 kg dan tinggi 50 cm dan diameter 1.5 inci. (Foto: Makawaru da Cunha)

 

JAYAPURA (PB.COM)Cabor tinju PON XX/2021 Papua dimulai 5-15 Oktober 2021 dipusatkan di GOR Cenderawasih, Jayapura. Tinju mempertandingkan 17 kelas (7 kelas putri dan 10 kelas putra) dan diikuti 28 provinsi dari 34 provinsi di Tanah Air.

Salah-satu perlengkapan yang biasa ditemui dalam setiap pertandingan tinju adalah lonceng, yang dijaga seorang petugas, untuk pergantian ronde.

Untuk cabor tinju PON XX/2021 Papua memakai lonceng yang meraih penghargaan rekor Musium Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai lonceng terbesar.

Lonceng ini merupakan karya Waluyo, PNS Ajendam IV/Diponegoro. Ia juga wasit/hakim nasional dari Jawa Tengah.

Sorak sorai penonton yang menyaksikan pertandingan tinju acapkali membuat lonceng tak terdengar oleh petinju dan wasit/hakim. Kondisi inilah yang membuat mantan petinju dan sekarang aktif di Pertina Kota Semarang ini prihatin dan mendorong untuk menciptakan lonceng tinju.

Waluyo membuat lonceng tinju pertama pada tahun 2006, dan disusul yang kedua tahun 2015 yang akhirnya membawanya meraih penghargaan dari MURI.

Lonceng tinju kedua berbahan baku besi mempunyai berat 50 kg dan tinggi 50 cm dan diameter 1.5 inci ini merupakan penyempurnaan pembuatan pertama dengan berat 20 kg, beserta pemukulnya.

Lonceng tersebut merupakan  perpaduan warna merah dan biru, disesuaikan sudut dalam tinju yakni sudut merah dan sudut biru.

Lonceng tinju kedua ini dipakai pada saat kejuaraan tinju provinsi yang berlangsung pada Pebruari 2015 di Pekalongan.

Pada moment tersebut diserahkanlah penghargaan dari MURI. Kehebatan lonceng tersebut dari kenyaringan suara untuk bunyinya in door maupun out door walaupun suara riuh gemuruh lonceng ini pasti kedengaran.

Wasit/Hakim Nasional Mohammad Mulyadi dari Jawa Tengah menyerahkan lonceng tinju kepada Koordinator Pertandingan, Perwasitan dan Penanggungjawab Disiplin Cabor Tinju PON XX/2021 Papua, Alfred Kayoi  di GOR Cenderawasih, Jayapura, Senin (4/10/2021).

Turut hadir Technical Delegate Tinju PON XX/2021 Papua, Hermanto Ginting dan Pengawas/Inspektur Tinju PON XX/2021 Papua, Danang Adi Kusuma.

Alfred Kayoi mengatakan pihaknya menyampaikan terima kasih kepada rekan Waluyo, yang telah menyerahkan lonceng, untuk dipakai pada cabor tinju PON XX/2021 Papua.

“Lonceng ini merupakan oleh-oleh langsung dari pembuatnya, untuk Sub PB PON Kota Jayapura, untuk dipakai pada PON XX/2021 Papua,” tutur Alfred Kayoi. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *