Medali PON: Tuan Rumah Terus Mengejar DKI Jakarta

Abas dan Nesthy usai menerima medali emas Panjat Tebing PON XX, Rabu (29/9/2021). (Foto : Yosep Situmorang/HumasPPM)

 

JAYAPURA (PB.COM)-Masyarakat Papua harus berbangga! Perolehan medali yang diraih oleh kontingen Papua pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX hingga Senin, 4 Oktober 2021 pukul 20.00 WIT, telah mencapai 78 medali, terdiri dari 32 emas, 24 perak dan 31 perunggu, dimana Papua berada di posisi kedua klasemen sementara.

Koleksi ini mendekatkan jarak Papua dengan DKI Jakarta yang kini bertengger di posisi pertama dengan 37 medali emas, 24 perak, dan 29 perunggu. Sekaligus juga masih dibayang-bayangi oleh Jawa Barat yang kini sudah mengoleksi 28 emas, 26 perak dan 34 perunggu.

Pencapain kontingen tuan rumah itu terbilang fantastis. Dalam sejarah perhelatan PON dari masa ke masa, pencapaian terbaik Papua pernah ditorehkan pada PON XI di Jakarta tahun 1985. Ketika itu, Papua sukses finis di peringkat ke-5 dengan mengoleksi 23 medali emas, 24 perak dan 26 perunggu dengan total 66 medali.

Kontingen Papua juga tercatat pernah dua kali meraup 23 medali emas di ajang PON, yakni di PON XII tahun 1989 di Jakarta dan PON XVI Sumatera Selatan tahun 2004.

Diuntungkan menjadi tuan rumah, Papua berambisi finis di posisi lima besar pada PON XX ini dengan menargetkan 84 medali emas. “Target yang diharapkan bisa mendapatkan 84 medali emas pada PON XX dari 37 cabor dan 56 disiplin yang akan kita ikuti,” ujar Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua, Kenius Kogoya.

Sampai hari ke-14, Papua sudah mengumpulkan 31 medali emas. Tim sepatu roda Papua mendominasi perolehan medali tuan rumah, dengan jumlah 8 medali emas, 2 medali perak dan 5 medali perunggu, diikuti oleh tim Muay Thai yang menggondol 6 medali emas, 4 medali perak dan 3 perunggu.

Kontingen Papua masih berpeluang besar menambah pundi-pundi medali emasnya di sejumlah cabang dan disiplin olahraga.

Tuan rumah masih terus menguntit perolehan medali DKI Jakarta di puncak klasemen yang telah mengumpulkan 37 medali emas. (Humas PON XX Papua/Gusty Masan Rayaa)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *