Pani Tri Oktaviani, penyerang Jabar menciptakan hattrick gol gawang Papua Barat (foto: Jhon)

MERAUKE  (PB.COM)–Tim Putri Jawa Barat (Jabar) membungkam impian lawannya melangkah ke semifinal Sepak Bola Putri PON XX Papua, setelah di laga penyisihan grup A berhasil menumbangkan Tim Papua Barat dengan skor telak 5-0.

Duel sengit yang berlangsung di Stadion Katalpal Merauke, Selasa (5/10/2021) itu, disaksikan 2.770 penonton.

Pasukan biru Tanah Pasundan yang dimotori Kapten Dian Tri Lestari tampil mendominasi permainan sejak menit awal babak pertama.

Dengan pola permainan taktis, anak-anak besutan pelatih, Rony Remon ini menggebrak ke area pertahanan Papua Barat dan berhasil membuahkan gol di menit ke-11 melalui umpan cantik dari kaki Reva Oktaviani (8) dari pojok kiri pertahanan lawan.

Penyerang Jabar, Mila Nur Karmila (4) menyarangkan bola ke gawang Papua Barat dan merubah kedudukan 1-0 untuk Jabar.

Tak puas dengan hasil satu gol, anak-anak Jabar yang bermaterikan tiga pemain nasional, yakni Ririn Junian Nella (11), Tia Darti Septiawati (21) dan Helsya Maeisyaroh (15) terus menekan ke jantung pertahanan Papua Barat.

Tak berselang lama, pasukan biru Pasundan ini kembali memorak-porandakan barisan pertahanan Papua Barat yang dikapteni oleh Serlin Erumkuy (4).

Gol kedua kembali tercipta di menit ke-13 hasil tembakan jarak jauh Pani Tri Oktaviani (10) dari luar kotak penalti.

Serangan demi serangan terus dilancarkan anak-anak Jabar, meski Tim Papua Barat berusaha mengimbanginya.

Gol ketiga kembali merobek jala gawang Papua Bara yang dijaga Merin Nanggewa (1) di menit ke-16 juga dari sisi kiri pertahanan Papua Barat oleh Pani Tri Oktaviani.

Lagi-lagi, Pani Tri Oktaviani menciptakan hattrick dengan 3 gol ke gawang Papua Barat di menit ke-19 dengan menerobos ke sayap kiri jantung pertahanan Papua Barat dengan skill individunya.

Pasukan merah Papua Barat berusaha mengejar ketinggalan 4-0 dengan memanfaatkan serangan balik, namun tidak membuahkan hasil.

Serangan balik anak-anak Papua Barat nyaris membuahkan gol di menit ke-25 ke jala gawang Jabar, untung saja diselamatkan penjaga gawang, Nurhalimah (1).

Di menit ke-25, pemain-pemain depan Papua Barat mencoba menekan ke barisan pertahanan anak-anak Pasundan hingga terjadi kemelut di depan mulut gawang dan menyebabkan kiper Jabar, Nurhalima cedera berat dan harus digotong keluar lapangan. Nurhalima terpaksa digantikan kiper cadangan, Diyana Herliana (25).

Berkali-kali gawang Papua barat dihujani tembakan oleh pemain depan Jabar.

Bahkan, di menit ke-43 nyaris pemain Jabar, Siti Latipah Nurul Inayah kembali menjebol gawang Papua Barat jika saja bola tidak meleset keluar lapangan. Skor tidak berubah 4-0 hingga babak turun minum.

Memasuki babak kedua, Tim Papua Barat berupaya mengejar ketinggalan dan terus menekan ke area pertahanan Jabar.

Nyaris gol tercipta di menit ke-12 babak kedua, oleh pemain depan Papua Barat, Kristina Usa (13).

Keadaan justru berbalik, Jabar kembali menekan ke jantung pertahanan Papua Barat. Gol kembali tercipta di menit ke-65 hasil tendangan bebas dari luar kotak penalti Helsya Maeisyaroh (15).

Tekanan Papua Barat terus dilakukan Papua Barat, namun tak berhasil membuahkan gol. Menit ke-70, tembakan keras dari luar kotak penalti pemain Papua Barat, Natalia Awom (10) hampir saja menjebol gawang Diyana Herliana, namun berhasil diselamatkan.

Serangan demi serangan Papua Barat tak berhasil membuat gol. Tendangan pemain-pemain depan selalu melebar.

Berkali-kali serangan, namun gol tidak tercipta untuk Tim Papua Barat. Kedudukan tidak berubah 5-0 hingga wasit meniupkan peluit.

Dengan hasil laga memastikan langkah Papua Barat ke semifinal kandas.

Tim biru Jabar memastikan diri lolos ke semifinal bersama tim tuan rumah, Galanita Papua yang sebelumnya juga menaklukkan Papua Barat dengan skor telak 7-0.

Meski di laga terakhir Jabar berhadapan dengan Galanita Papua, hasil imbang atau kalah tak mempengaruhi tim Jabar atau tuan rumah Papua. (Humas PON XX Papua/Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box