Romanus Ucapkan Terimakasih Kepada Presiden dan Gubernur Papua

Bupati Merauke Romanus Mbaraka saat konferensi pers di Media Center PON XX Papua Klaster Merauke (Foto-Getty)

 

MERAUKE (PB.COM)-Bupati Merauke, Drs. Romanus Mbaraka, MM menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi dan Gubernur Papua Lukas Enembe, S.IP.MH yang telah memilih Merauke sebagai Klaster Penyelenggara Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021. Sebab event ini membuat Merauke makin dikenal dan turut menggairahkan ekonomi masyarakat.

Menurut Mbaraka, secara umum penyelenggaraan enam cabang olahraga di Merauke yakni wushu, anggar, gulat, catur, bermotor dan sepak bola putri, hingga saat ini berjalan baik, aman dan lancar.

“Bahkan, Merauke termasuk penyumbang 3 medali emas kepada Papua di cabor motor. Saya berharap di sisa pertandingan, atlet Papua mampu mengumpulkan emas lebih banyak lagi ,” kata Romanus dalam konferensi pers di Media Center PON XX Papua Klaster Merauke, Kamis (07/10/2021).

Romanus juga menyampaikan terimakasih Presiden Jokowi telah tiga kali melakukan kunjungan kerja ke Merauke bersama para menteri kabinet. Seperti belum lama ini melakukan peresmian terminal baru Bandara Mopah, resmikan PLBN RI-PNG Sota, Rumah Sakit TNI AD, sekaligus pantau pelaksanaan PON.

“Pada dasarnya semua berjalan dengan baik, karena Merauke aman terkendali dan rakyatnya baik,” ujarnya.

Romanus mengatakan, pembangunan sudah dirasakan rakyat Papua. Terutama infrastruktur jalan trans Papua dan jalan antar distrik sudah dibangun sejak kepemimpinan Jokowi. Begitu juga dengan kemajuan pembangunan dari berbagai sektor.

“Kami merasa bangga, dan sayang kepada Jokowi karena dia termasuk presiden yang mengangkat harkat dan martabat OAP. Bagi kami OAP khusus Selatan Papua kami merasa bangga Bapak Jokowi tiga kali melihat kami dan hasilnya nyata,” tuturnya.

Kunjungan kemarin, Romanus secara langsung meminta dukungan pemerintah pusat untuk kembali mengembangkan food estate di Kabupaten Merauke. Pembangunan jalan antar kabupaten yakni Merauke-Mappi, mendukung percepatan pemekaran Papua Selatan menjadi provinsi, pembangunan sekitar 60 unit rumah layak bagi warga Asmat yang ada di pinggiran Kota Merauke serta mendukung kelengkapan fasilitas di ruang kedatangan maupun keberkangkatan Bandara Mopah.

Poin-poin tersebut mendapat respon baik dari Jokowi dengan langsung memerintahkan menteri terkait untuk segera ditindaklanjuti. Bahkan, dokumen aspirasi pemekaran Papua Selatan sudah diterima Jokowi ketika menaiki tangga pesawat untuk kembali ke Jakarta.

“Mari kita terus memberikam spirit kepada pemimpin negara dan daerah, kita bersatu untuk membangun negeri ini baik-baik,” ajak Romanus. (Getty/Humas PON XX Papua/Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *