Ketua DWP Pegubin Ny. Nelly Giyai didampingi Ketua DWP Provinsi PapuaNy. Andar Aryani Musa’ad dan Plt. Sekretaris Daerah Pegubin, drg. Aloysius Giyai, M.Kes pada acara pengukuhan pengurus, Jumat, 14 Oktober 2022.

 

JAYAPURA (PB.COM)Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Papua Ny. Andar Aryani Musa’ad secara resmi mengukuhkan kepengurusan DWP Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin) masa bakti 2019-2024, Jumat, 14 Oktober 2022 di Oksibil. Adalah Ny. Nelly Giyai, S.Si.M.Farm yang dikukuhkan menjadi Ketua DWP Pegubin.

Turut hadir dalam acara pelantikan ini, Plt. Sekretaris Daerah Pegubin, drg. Aloysius Giyai, M.Kes ini selaku Pembina DWP Pegubin.

Ny. Nelly Giyai, S.Si.M.Farm selaku Ketua DWP Pegubin dalam sambutannya mengatakana, Dharma Wanita adalah sebuah organisasi yang beranggotakan istri Pegawai Negeri Sipil (PNS). Organisasi ini ditetapkan pada tanggal 7 Desember 1999, dimana tujuan utama pendirian Dharma Wanita adalah, meningkatkan kualitas sumber daya anggota keluarga PNS untuk mencapai kesejahteraan nasional.

“Selain mendampingi dan menopang tugas dan karir suami, tugas pokok kita sebagai pengurus Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Pegunungan Bintang, yaitu Membina anggota, memperkukuh rasa persatuan dan kesatuan, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan, menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai pihak, serta meningkatkan kepedulian sosial,” ujar Nelly.

Menurut Nelly, walau berada di tengah keterbatasan sosial dan geografis, seluruh pengurus DWP Pegubin haruslah tetap semangat bekerja menjalankan tugas dengan mengambil peran nyata sebaga mitra pemerintah daerah Pegubin bagi kemajuan dan perubahan.

“Saya meminta ke depan, kita bisa memberi perhatian khusus bagi seluruh keluarga untuk menghasilkan generasi yang unggul di Pegunungan Bintang dengan beberapa langkah. Mulai dari, mensosialisasikan bagaimana pola asuh ibu-ibu kepada anak secara benar, berperan meningkatkan gizi keluarga guna mencegah dan terus menekan angka stunting, dan juga tak kalah penting yaitu melakukan proteksi dan pola asuh yang benar terhadap tumbuh kembang anak kita di tengah tantangan digitalisasi informasi yang sangat mengancam mental spiritual anak,” harapnya.

Nelly menambahkan, posisi dan peran seorang ibu anggota DWP sebagai istri para ASN sangat penting dalam mendukung karir bagi para suami. Seperti ungkapan dalam keseharian kita: “Di Balik Pria Sukses, Selalu Ada Wanita Hebat di Belakangnya.” Atau ungkapan terkenal mantan Presiden Rusia, Mikhail Gorbachev bahwa wanita adalah tiang negara.

“Ungkapan ini merupakan pengakuan atas kenyataan bahwa kita, kaum wanita, istri para PNS, memiliki andil yang besar bagi hidup dan karya suami dan anak-anak. Karena itu, marilah menjadi wanita hebat dalam cara yang sederhana. Terutama, menjadi istri dan ibu yang penuh kasih bagi keluarga, yang menghangatkan dan menyejukkan suami dan anak-anak dalam rumah,” tuturnya.

Namun ia juga menyadari bahwa dalam kurun waktu satu tahun, belum banyak hal yang dilakukan secara maksimal. Tetapi kebersamaan dan perjumpaan dalam organisasi ini, sudah memperkaya nilai-nilai kehidupan baginya. Sebab setahun ini juga adalah tempat baginya untuk belajar, saling memperkaya, saling mengasihi, dan saling melengkapi satu sama lain dalam tugas.

“Saya telah mendapatkan banyak berkat di tempat ini. Hidup ini adalah rahasia dan penuh misteri yang sulit dimengerti oleh siapapun. Hari ini kita bertemu dan masih bersama-sama, suatu waktu kita tentu juga bisa saja berpisah. Saya berharap, kebersamaan dan kekompakan kita teruslah terjaga, walau mungkin suatu kelak, kita telah terpisah oleh tugas berbeda. Karena itulah kekuatan kita untuk maju, baik menjadi mitra pemerintah daerah maupun menjadi tiang penopang yang kokoh bagi keluarga dan bangsa,” tegasnya. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box