Ketua DPD PDIP Papua Pegunungan Spei Yan Bidana, ST,M,Si saat menandatangani berita acara pelantikan, Senin, 6 Februari 2023 di Gedung Aitosa GKI Betlehem, Wamena.

 

WAMENA (PB.COM)—Bupati Pegunungan Bintang, Spei Yan Bidana, ST,M.Si secara resmi dilantik oleh Ketua Bidang Kehormatan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Komarudin Watubun, SH,MH sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Provinsi Papua Pegunungan.

Pelantikan ini berlangsung Senin, 6 Februari 2023 di Gedung Aitosa GKI Betlehem, Wamena, Ibu Kota Provinsi Papua Pegunungan, ditandai dengan pengambilan sumpah janji para pengurus DPD, penandatanganan berita acara pelantikan oleh Ketua DPD, dan penyerahan bendera pataka dari Ketua DPP kepada Ketua DPD.

Ikut dilantik, empat Wakil Ketua (Waket) DPD yakni Marthin Yogobi, SH,M,Hum sebagai Waket Bidang Kehormatan Partai, politisi senior asal Lanny Jaya Briur Wenda sebagai Waket Bidang Keangotaan dan Organisasi, Iranius Wanimbo, SH selaku Wakil Ketua Bidang Pemenang, dan Bertus Asso sebagai Waket Bidang Ideologi dan Kaderisasi. Sementara Sekretaris DPD PDIP Papua Pegunungan dijabat oleh Ignasius Hasim, S.Ag.

Komarudin Watubun dalam sambutannya mengatakan, pembentukan pengurus DPD PDIP di seluruh Tanah Papua dilakukan sejalan dengan pembentukan empat Daerah Otonomi Baru (DOB). Sebelumnya, ia juga telah melantik Ketua DPD PDIP Papua Selatan, Edoardus Kaize dan Ketua DPD PDIP Papua Tengah, Yuni Wonda.

Ketua Bidang Kehormatan DPP PDIP Komarudin Watubun menyerahkan bendera pataka PDIP kepada Ketua DPD PDIP Papua Pegunungan, Spei Yan Bidana.

 

“Jadi hari ini kita lantik Papua Pegunungan Pak Spei Bidana, esok tanggal 9 Februari kita lantik yang terakhir yakni DPD Provinsi Papua Hery Aryo Nap dan buat pesta besar-besaran dihadiri ratusan kader DPD untuk rayakan perpisahan. Semua yang dilantik adalah putra asli Papua. Ini sudah jadi komitmen saya. Kita kembalikan mandat politik ini kepada semua kader asli Papua. Saya hanya memberi jalan, tapi kalian yang menentukan langkah dan cita-cita kalian,” kata anggota Komisi II DPR RI ini.

Menurut Komarudin, semua partai politik didirikan untuk merebut kekuasaan. Tetapi PDIP adalah partai besar yang punya cita-cita dan tujuan, bukan partai gerombolan yang kadernya suka pindah sana-sini. Oleh karena itu, ia berharap, dengan dibentuknya kepengurusan DPD PDIP Papua Pegunungan, mesin politik harus mulai berjalan dan semua kader harus bersatu, loyal dan solid.

Ketua Bidang Kehormatan DPP PDIP Komarudin Watubun saat disambut  Ketua DPD PDIP Papua Pegunungan, Spei Yan Bidana di Bandara Wamena.

 

“Pesan saya, lakukan konsolidasi partai sampai ke tingkat PAC, jangan berkelahi, dan cari calon-calon yang punya kapasitas dan bisa kerja. Jika ada teman-teman yang kurang hati belum dapat posisi di struktur DPD, maklumi saja ini masa transisi. Saya ajak mari kita kerja keras, kerja cerdas dan solid untuk menangkan Pileg, Pilpres dan Pilkada 2024 mendatang,” tegas Komarudin.

Target Kerja Ketua DPD

Sementara itu, Ketua DPD PDIP Papua Pegunungan Spei Yan Bidana dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada pimpinan DPP PDIP yang memberi kepercayaan kepada dirinya untuk menjabat Ketua DPD PDIP Provinsi Papua Pegunungan.

Spei Yan Bidana

 

“Saya ini orang baru di parti ini, karena itu saya terima kasih dan hormat yang tinggi kepada Ketua Umum Ibu Megawati bersama unsur pimpinan DPP, secara khusus kepada Pak Komarudin Watubun yang telah hadir melantik kami. Sekali lagi terima kasih atas kepercayaan ini,” ujar Spei.

Menurut Spei Bidana, sebagai provinsi baru, PDIP harus berjuang ikut meletakkan dasar pembangunan di Provinsi Papua Pegunungan demi kepentingan rakyat. Dan itu hanya bisa dilakukan dengan masuk dalam kekuasaan pemerintahan yang direbut lewat jalan politik. Oleh karena itu, ia berkomitmen untuk bekerja keras meraih satu fraksi di DPR Papua Pegunungan pada Pileg Februari 2024, dan bahkan bisa mengusung calon sendiri dalam Pilkada Oktober 2024.

“Esok kami akan rapat perdana seluruh badan pengurus untuk menentukan langkah dalam bekerja. Setiap kabupaten atau dapil saya akan kasih tugas. Misalnya di Jayawijaya 8 kursi, saya akan kasih tugas minimal dapat 4 kursi dan itu harus kerja dari bawah. Atau Lanny Jaya saya minta Kaka Briur Wenda harus dapat 3 kursi. Atau Yahukimo, saya tugaskan adik Hengky Bayage dari 11 kursi kita target 5 kursi. Intinya, kita harus berjuang dapat satu fraksi di DPRP agar bisa usung figur kita,” tegas Spei.

Politisi PDIP yang kini menjabat Wakil Menteri Dalam Negeri, John Wempi Wetipo, SH,MH menyerahkan sertifikat kepada salah seorang kader PDIP yang berjasa di Lembah Baliem.

 

Pada kesempatan pelantikan itu, Ketua Bidang Kehormatan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Komarudin Watubun membagikan piagam penghargaan kepada ratusan kader dan simpatisan, bahkan termasuk para politisi PDIP yang sudah meninggal dan diwakili kerabatnya di wilayah Papua Pegunungan. Sebab Komarudin menilai, mereka adalah pahlawan yang mengantar PDIP menjadi partai besar hari ini.

“Ini tradisi yang saya lakukan di seluruh Papua. Kita hidup hari ini karena bantuan orang lain. Demikiam pun partai. Saya berdiri di sini juga bukan karena kehebatan saya, tapi karena ada bantuan banyak orang di belakang di sepanjang sejarah kehidupan. Apalagi partai ini memiliki pasang surut yang luar biasa. Penghargaan ini tak punya arti apa-apa dibandingkan keringat dan air mata mereka yang lebih dulu meninggalkan kita. Saya berharap pengurus DPD sekarang tolong ingat mereka setiap ada kegiatan,” kata Komarudin.

Hadir dalam pelantikan ini, politisi PDIP yang kini menjabat Wakil Menteri Dalam Negeri, John Wempi Wetipo, SH,MH, Penjabat Gubernur Papua Tengah Nikolaus Kondomo, SH, Penjabat Sekretaris Daerah Papua Pegunungan Sumule Tumbo, para pengurus DPC dari 8 kabupaten beserta ratusan pengurus PAC dan para simpatisan. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box