Bupati Pegunungan Spei Yan Bidana, ST,M,Si bersalaman dengan Wakil Bupati Kris Bakweng Uropmabin, ST di sela-sela pelantikan, Rabu, 8 Februari 2023 di halaman Kantor Gubernur  Provinsi Papua Pegunungan.

 

WAMENA (PB.COM)Bupati Pegunungan Bintang (Pegubin)  Spei Yan Bidana, ST,M,Si mengapresiasi pelantikan Kris Bakweng Uropmabin, ST sebagai Wakil Bupati  Pegunungan Bintang (Pegubin) Pengganti Antar Waktu (PAW) oleh Penjabat Gubernur Provinsi Papua Pegunungan, Nikolaus Kondomo, SH,MH, Rabu, 8 Februari 2023.

“Selamat dan proficiat kepada adik wakil bupati yang dilantik. Selamat datang di dunia eksekutif. Mari kita gandeng tangan untuk bangun Pegunungan Bintang,” kata Spei Bidana di Wamena.

Bupati Spei mengatakan, sejak meninggalnya Wakil Bupati Piter Kalakmabin, dirinya langsung merespon aspirasi keluarga dan masyarakat untuk mempercepat proses pergantian wakil bupati yang baru tahap demi tahap demi mendukung roda pembangunan.

“Ini termasuk proses pergantian kepala daerah tercepat di Tanah Papua. Kita bisa lihat beberapa kabupaten lain, ada yang sampai tiga tahun, bahkan ada yang terpaksa dibatalkan karena telah lewat dari batas enam bulan sebelum masa jabatan berakhir. Puji Tuhan semua niat baik dan perjuangan kita bisa  terjawab hanya dalam 1 tahun saja,” kata Spei di Wamena usai pelantikan.

Bupati Pegubin Spei Bidana foto bersama Pj Gubernur Nikolaus, Pj Sekda Sumule Tumbo dan Wabup Pegubin Kris Uropmabin.

 

Menurut Spei, dengan dilantiknya Wakil Bupati, ada distribusi sebagian tugas dan tanggung jawab yang selama ini dipikulnya sendiri sehingga mereka bisa bersama-sama bekerja untuk menyukseskan visi misi SEPTE yakni Menuju Sehat, Cerdas, dan Mandiri Ekonomi Berbasis Budaya dan Tata Ruang.

Politisi yang baru saja dilantik menjadi Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua Pegunungan ini menegaskan, Kabupaten Pegunungan Bintang yang sangat luas dengan 34 distrik dan kondisi geografis yang sulit membutuhkan sosok pemimpin muda dan energik.

“Wakil bupati ini anak muda dan sudah jadi anggota DPRD Pegunungan Bintang. Jadi saya kira dia bisa topang saya melaksanakan roda pemerintahan dan pelayanan kemasyarakatan,” tegasnya.

Spei menambahkan, proses PAW wakil bupati Pegubin yang sangat cepat adalah bagian dari komitmen dan pencapaian kerjanya dalam membangun demokrasi dan politik yang sehat di Bumi Okmin. Terbukti, ancaman terjadinya gesekan akibat adu kepentingan berbagai pihak merebut posisi ini, sanggup diredamnya.

“Semua aspirasi yang datang kita tampung dan kita proses sesuai mekanisme yang berlaku. Inilah jawabannya sehingga hari ini bisa digelar pelantikan. Sekali lagi selamat bertugas adik Kris,” tutup mantan Kepala Bappeda Pegubin ini. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box