Plt. Bupati Mamteng Yonas Kenelak, S.Sos saat menandatangi berita acara Musrembangda di Aula BKAD di Kobakma, Selasa,
11 April 2023.

KOBAKMA (PB.COM)-Pemerintah Kabupaten Mamberamo Tengah (Mamteng), Provinsi Papua Pegunungan melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Musrenbangda tingkat kabupaten.

Musrenbangda yang diikuti oleh seluruh pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan DPRD Mamteng ini digelar di Aula BKAD di Kobakma, Selasa,11 April 2023. Hadir pula Plt. Bupati Yonas Kenelak, S.Sos, Sekretaris Daerah Mesir Jikwa, Sekretaris Bappeda Provinsi Papua Pegunungan Tinus Karoba, dan Kepala Bappeda Kabupaten Mamberamo Tengah Piet Maniagasi.

Acara Musrenbangda ditandai dengan penandatanganan berita acara oleh Plt. Bupati Mamteng, Sekretaris Bappeda Provinsi Papua Pegunungan, Wakil Ketua DPRD, dan Kepala Bappeda Mamteng.

Plt. Bupati Mamteng, Yonas Kenelak dalam arahannya mengatakan, Musrenbangda digelar untuk mensinkronisasikan program yang di kabupaten dengan provinsi.

Untuk itu, dia meminta semua SKPD wajib mengikuti acara ini dengan baik. Tentunya dengamln harapan, program yang belum terakomodir agar segera diusulkan sehingga dapat dibahas di momen itu.

“Dari situ akan dilanjutkan pada Musrenbangda tingkat provinsi yang rencananya akan digelar pada 18 April mendatang,” ujar Kanelak.

Sementara itu, Kepala Bappeda Mamteng Piet Maniagasi mengatakan, Musrembangda bertujuan menumbuhkan partisipasi untuk menampung aspirasi semua pihak.

“Ini bagian dari rencana tingkat bawah untuk menjawab persoalan-persoalan yang bisa diakumulasikan dalam bentuk program dan kegiatan untuk menyelesaikan persoalan di tingkat bawah atau masyarakat,” kata Maniagasi.

Menurutnya, untuk menciptakan efektivitas dan optimalisasi perencanaan pembangunan, Pemkab Mamteng harus bisa menyesuaikan dengan tema pembangunan yang digaungkan secara nasional.

Selain itu, giat Musrenbangda ini juga untuk mendapatkan masukan dan penyempurnaan dari perencanaan maupun program yang sudah didapatkan dari tingkat bawah.

“Tema pembagunan di Provinsi Papua Pegunungan tahun 2024 yaitu penguatan kemandirian ekonomi, sumber daya manusia yang berdaya saing dan konektivitas infrastruktur yang merata termasuk mensukseskan Pemilu baik Pilpres, Pilkada dan Pileg,” ujarnya.

Maniagasi menegaskan, semua program dan kegiatan yang diusulkan ke Bappeda akan dilihat juga apa yang menjadi prioritas untuk menjawabi kebutuhan rakyat saat ini.

“Jika tidak bisa dibiayai kabupaten, maka akan dibawa ke provinsi untuk diakomodir di sana,” ucapnya.

Sesuai agenda panitia, Musrenbangda Mamteng rencananya akan digelar selama dua hari. (Reis Masella/Humas Mamteng)

Facebook Comments Box