Bupati Spei Yan Bidana, ST,M.Si saat memukul tifa membuka secara resmi Rapimda KNPI Pegubin di Oksibil, Senin, 1 Mei 2023.

JAYAPURA (PB.COM)Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Komite Nasional Pemuda Indonesia (KPNI) Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin), Selasa, 2 Mei 2023 menggelar Musyawarah Daerah (Musda) IV dengan agenda memilih Ketua KNPI Pegubin periode 2023-2026.

Sehari sebelumnya, KNPI Pegubin juga menggelar Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) yang dibuka secara resmi oleh Bupati Spei Yan Bidana, ST,M.Si dan dihadiri Wakil Bupati Kris Bakweng Uropmabin, ST. Artinya, tinggal menunggu beberapa jam, nahkoda KNPI di Bumi Okmin yang baru akan terpilih.

Bupati Pegubin Spei Yan Bidana dengan tegas meminta agar pengurus baru organisasi yang menjadi induk OKP itu, bisa memanfaatkan peluang strategis perbatasan dengan membangun kerjasama pemuda skala internasional, khususnya dengan Papua New Guinea (PNG) yang berbatasan langsung dengan Pegubin.

“Kita ini ada di perbatasan RI-PNG. Jadi ketua KNPI Pegunungan Bintang terpilih bisa rancang kerjasama internasional pemuda perbatasan. Karena secara budaya, masyarakat Ok Me dan Min ada juga di PNG. Jadi bisa dibangun satu momen untuk pertukaran pemuda, misalnya dalam rangka kompetisi musik, seni dan budaya, turnamen olahraga, atau bidang pendidikan. Ini bentuk diplomasi kita secara soft,” tegas Bupati Spei Bidana di Oksibil.

Menurut Spei, kemampuan pemuda Pegubin saat ini tak diragukan dan bisa bersaing dengan daerah lain. Sebab secara SDM sudah cukup mumpuni. Tinggal saja kemauan dan kreativitas yang harus terus didorong.

“Jadi siapapun yang terpilih, harus merangul seluruh Pemuda Pegunungan Bintang dan berdayakan semua kemampuan dan potensi mereka di berbagai bidang secara mandiri dan kreatif,” tegas Spei yang juga pernah menjabat Ketua DPD KNPI Pegubin 2006-2009 ini.

Wakil Sekretaris II DPD I KPNI Provinsi Papua Pegunungan, Freddy Ajaitou, S,Hi menyambut baik keinginan Bupati Spei. Ia juga berharap Rapimda dan Musda KNPI Pegunungan Bintang berjalan dengan baik dan menghasilkan pemimpin yang bisa membantu pemerintah daerah untuk berkontribusi meenangani dan memecahkan segala persoalan masalah yang ada.

“Selamat mengikuti Rapimda dan Musda. Mari kita jadikan KNPI ini organisasi yang profesional dan mengawal pembangunan di Kabupaten Pegunungan Bintang,” kata Freddy.

Sementara, Ketua Caretaker KNPI Pegubin Panuel Salawala, SE menegaskan dengan berjalannya Rapimda dan Musda, pihaknya telah siap menyambut pemimpin baru KNPI.

“Siapapun yang terpilih harus merangkul teman-teman pemuda 34 distrik di Pegunungan Bintang. Kami juga berharap KNPI berperan dalam pembangunan daerah dengan konstribusi pemikiran dan gagasan positif,” tegas Salawala. (Aquino Ningdana, Yumiwantok/Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box