Ketua KNPI Pegunungan Bintang terpilih, Frans Kasipmabin.

JAYAPURA (PB.COM)—Frans Kasipmabin, jurnalis senior secara demokratis terpilih sebagai Ketua DPD KNPI Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin) dalam Musyawarah Daerah (Musda) ke-IV yang digelar di Kota Oksibil, Selasa, 2 Mei 2023.

Dalam pemilihan itu, Frans unggul tipis dengan meraih 13 suara pemilih, mengalahkan Ringgo Singpangki dengan 12 suara, dan Simeon Meku dengan perolehan 8 suara.

“Saya bersyukur kepada Tuhan dan berterima kasih kepada para pemuda Pegunungan Bintang yang telah memberikan mandat kepada saya untuk memimpin KNPI. Mandat ini bisa saya laksanakan jika semua pemuda bersatu. Karena itu, saya ajak seluruh pemuda untuk kita sama-sama bersatu melakukan perubahan dengan gebrakan, kreativitas dan inovasi,” kata Frans kepada papuabangkit.com, Rabu, 3 Mei 2023.

Data hasil pemilihan Ketua KNPI Pegubin.

Menurut Frans, setelah terpilih menjadi Ketua KNPI, ia siap merangkul seluruh pemuda dari berbagai OKP di Pegubin untuk bekerja bersama dengan distribusi kader secara merata dari 34 distrik dan proaktif melakukan kegiatan positif.

“Mari kita jadikan KNPI sebagai Rumah Kita Bersama. Kalau tidak ada halangan dalam waktu dekat bulan Mei atau bulan Juni, kami akan dilantik,” ujar Frans.

Sementara itu, mantan Ketua Carateker KNPI Pegubin, Panuel Salawala mengaku bersyukur karena berkat dukungan seluruh pemuda, OKP, dan pemerintah daerah, giat Rapimda dan Musda IV dengan agenda pemilihan ketua KNPI Pegubin berjalan sukses hanya dalam dua hari.

“Sudah sah bahwa Frans Kasipmabin terpilih sebagai Ketua KNPI Pegunungan Bintang. Terima kasih juga bahwa dinamika pemuda sudah dilalui dan para calon yang maju sudah bersatu saling mendukung dalam KNPI. Badan Formatur akan menyusun struktur badan pengurus KNPI Pegubin dan dalam waktu dekat akan dilantik,” tegas Panuel.

Sehari sebelumnya, Bupati Pegubin Spei Yan Bidana, ST,M.Si meminta agar Ketua KNPI baru bisa memanfaatkan peluang strategis perbatasan dengan membangun kerjasama pemuda skala internasional, khususnya dengan Papua New Guinea (PNG) yang berbatasan langsung dengan Pegubin.

“Kita ini ada di perbatasan RI-PNG. Jadi ketua KNPI Pegunungan Bintang terpilih bisa rancang kerjasama internasional pemuda perbatasan. Karena secara budaya, masyarakat Ok Me dan Min ada juga di PNG. Jadi bisa dibangun satu momen untuk pertukaran pemuda, misalnya dalam rangka kompetisi musik, seni dan budaya, turnamen olahraga, atau bidang pendidikan. Ini bentuk diplomasi kita secara soft,” tegas Bupati Spei Bidana di Oksibil. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box