Wakil Bupati Pegunungan Bintang, Kris Bakweng Uropmabin, ST foto bersama Panpil dan Panwas Anggota MRP Provinsi Papua Pegunungan tingkat Kabupaten Pegunungan Bintang di Aula Kantor Bupati, Kalomdol, Rabu, 3 Mei 2023.

JAYAPURA (PB.COM)Wakil Bupati Pegunungan Bintang (Pegubin), Kris Bakweng Uropmabin, ST secara resmi melantik anggota Panitia Pemilihan (Panpil) dan Panitia Pengawas (Panwas) serta Tim Sekretariat Pemilihan Anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) Provinsi Papua Pegunungan tingkat Kabupaten Pegubin, Rabu, 3 Mei 2023 di Aula Kantor Bupati, Kalomdol.

Adapun Panpil MRP tingkat Pegubin yang dilantik yakni Esau Kaladana, SH (Ketua), Harles Sihombing, SE,M.Si (Sekretaris), serta Paulus Mabel, S.IP,M.Si, Tenas Kisamlu, SH,M.Hum, dan Andi Lepky selaku anggota.

 

Panwas pemilihan MRP dari Kabupaten Pegubin terdiri dari tiga (3) orang yakni Margrith Allains Duwiri, SH, Iptu Sutokit, dan Etius Kasipka, S.Sos,M.Si. Di saat yang sama, Wabup Kris juga melantik lima (5) tim sekretariat yakni Kalep Alimdam, S.IP,M.KP (ketua), Eligius Urpon, S.IP (wakil ketua), Marthen Ririhena, SE (sekretaris), serta Robert Daniel Sidjabat, A.Md dan Bartolomeus Sitokdana selaku anggota.

Wakil Bupati Pegubin Kris Uropmabin mengatakan, pelantikan para anggota Panpil dan Panwas pemilihan MRP ini bertujuan untuk mengambil peran serta dalam mengkordinasi, menyelenggarakan, dan mengendalikan tahapan menuju pelaksaan Pemilihan Anggota MRP Provinsi Papua Pegunungan tingkat Kabupaten Pegunungan Bintang.

Wabup Pegubin, Kris Bakweng Uropmabin, ST menandatangani berita acara pelantikan.

“Saya meminta agar tim panitia yang telah dilantik dapat bekerja secara profesional serta mengedepankan aturan. Tetapi juga yang terpenting adalah jeli melihat pemetaan wilayah yang ada, sebab di Kabupaten Pegunungan Bintang terdapat dua suku besar yakni suku Ngalum dan suku Ketengban serta tujuh sub suku lainnya,” tegas Wabup Kris.

Plt. Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pegubin, Kalep Alimdam, S.IP,M.KP mengatakan, usai dilantik, pihaknya langsung melakukan rapat perdana bersama antara Panpil, Panwas pemilihan MRP tingkat Kabupaten Pegubin, dan tim sekretariat. Hal utama yang dibahas dalam rapat itu ialah terkait tahapan seleksi berkas para calon anggota MRP sesuai Peraturan Gubernur No. 3 tahun 2023 tentang tata cara pembentukan jumlah keanggotaan MRP dari Pegubin.

Plt. Kepala Kesbangpol Pegubin, Kalep Alimdam, S.IP,M.KP.

“Setelah rapat internal kemarin, kami buka secara resmi Sekretariat Pemilihan MRP Kabupaten Pegunungan Bintang di Kantor Kesbangpol. Sambil menunggu petunjuk teknis dari Panitia Pemilihan MRP tingkat provinsi mengingat waktu yang sangat singkat, kami menghimbau kepada semua pihak yang ingin mencalonkan diri sebagai anggota MRP dalam seleksi ini agar segera ke sekretariat untuk bisa mendapatkan informasi tentang syarat-syarat pemberkasan. Sambil kami tim sekretariat juga mengeluarkan syarat-syarat pemberkasan,” kata Kaleb yang juga Ketua Tim Sekretariat ini, Kamis, 4 Mei 2023.

Sementara itu, anggota DPRD Pegubin dari Fraksi NasDem, Gerinus Kulka menegaskan bahwa dirinya bersama unsur pimpinan dan rekan-rekan anggota DPRD akan siap mengawal sejumlah tahapan yang dirancang pemerintah dan panitia pemilihan MRP yang baru dilantik.

Wakapolres Pegubin Kompol Willy Ansiga dan Perwira Penghubung Pegunungan Bintang Mayor Sony Simanjuntak hadiri acari pelantikan.

“Kami siap kawal kerja Panpil dan Panwas pemilihan Anggota MRP ini agar prosesnya berjalan baik ke depan hingga pelantikan nanti,” kata Gerinus.

Hadir dalam pelantikan ini, Wakapolres Pegubin Kompol Willy Ansiga dan Perwira Penghubung Pegunungan Bintang Mayor Sony Simanjuntak. (Gusty Masan Raya/Rano Bidana)

Facebook Comments Box