Direktur RSUD Jayapura drg. Aloysius Giyai, M.Kes mendampingi Wakapoda Papua Brigjen Pol. Ramdani Hidayat, SH saat tiba di RSUD Abepura untuk memantau proses pemadaman api.

JAYAPURA (PB.COM)Kebakaran menimpa gudang logistik dan ruang jenazah di lantai dua RSUD Abepura pada Selasa, 9 Mei 2023 sekitar Pkl. 15.00 WIT.

Mendapat informasi itu, Direktur RSUD Jayapura drg. Aloysius Giyai, M.Kes yang kebetulan sedang menuju Abepura, langsung turun memantau ke lokasi TKP kebakaran di RSUD Abepura yang terletak di Jalan Kesehatan I itu.

Aloysius tiba di RSUD Abepura sekitar Pkl. 15.25 dan ikut menyaksikan proses pemadaman api. Ia juga berinisiatif membangun koordinasi dengan pihak Polda dan Kodam untuk mem-back up proses pemadaman api dan evakuasi pasien di rumah sakit yang pernah dipimpinnya sepanjang 2009-2014 itu.

Tak lama berselang, Wakapoda Papua Brigjen Pol. Ramdani Hidayat, SH juga tiba di lokasi kejadian. Aloysius pun ikut mendampingi Wakapolda memantau proses pemadaman api oleh petugas dan karyawan RSUD Abepura.

“Saya kebetulan sedang dalam perjalanan dari Waena menuju Jayapura, tiba-tiba dapat info di WA soal kebakaran RSUD Jayapura ini jadi saya belok melihat langsung. Sebagai orang yang ikut membangun gedung itu, saya turut prihatin atas musibah ini,” katanya.

Sebagai mantan direktur RSUD Abepura, Aloysius Giyai berterima kasih kepada semua pihak yang telah bergerak cepat memadamkan api. Ia juga bersyukur tak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Menurut informasi yang dihimpun papuabangkit.com di lokasi kejadian, musibah kebakaran ini terjadi sekitar Pkl. 15.00. Api tiba-tiba membakar gudang logistik yang terletak di lantai dua dan merambat ke ruang jenazah. Dugaan sementara penyebab kebakaran ialah korsleting atau arus pendek listrik.

Akibat kejadian ini, pelayanan di lantai dua IGD dan ruang anak RSUD Abepura dipindahkan sementara ke halaman parkir rumah sakit itu. Pantauan papuabangkit.com di lapangan, tampak petugas kesehatan dan Brimob membantu mengevakuasi para pasien ke halaman parkir rumah sakit itu. Tim Brimob Polda pun mendirikan tenda darurat menopang pelayanan sementara.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada informasi resmi yang dikeluarkan oleh pihak kepolisian maupun manajemen RSUD Abepura terkait kebakaran ini. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box