Penjabat Bupati Tolikara Marthen Kogoya, SH,M.AP foto bersama siswa -siswi kelas VI SD Negeri Karubaga yang hendak mengikuti Ujian Nasional, Senin, 8 Mei 2023.

JAYAPURA (PB.COM)—Penjabat Bupati Tolikara Marthen Kogoya, SH,M.AP, Senin, 8 Mei 2023 mengunjungi SD Negeri Karubaga. Kedatangan orang nomor satu di Tolikara itu untuk memantau pelaksanaan Ujian Nasional (UN) yang diawali apel bersama para siswa dan manajemen sekolah tersebut.

Pada kesempatan itu, Penjabat Bupati Marthen Kogoya memberikan motivasi kepada anak-anak kelas VI SD Negeri Karubaga untuk menyiapkan mental agar dengan penuh percaya diri bisa mengerjakan soal-soal dengan baik.

“Anak-anakku sekalian, kalian sudah belajar, tapi harus fokus supaya semua soal bisa dijawab dengan baik. Berdoa lebih dahulu, minta tuntunan hikmat dari Tuhan agar bisa mengerjakan dengan tepat dan cermat,” pesan Penjabat Bupati Marthen Kogoya saat memberikan wejangannya pada apel pagi di halaman SD Negeri Karubaga.

Menurut Marthen, untuk mendapatkan nilai ujian yang baik dibutuhkan belajar yang tekun dan disiplin. Oleh karena itu, ia meminta seluruh siswa kelas VI baik di SD Negeri Karubaga maupun yang ada di seluruh Kabupaten Tolikara pada pekan ujian nasional ini untuk  mempersiapkan diri secara baik dengan belajar.

“Yang disiplin dan rajin belajar pasti dapat nilai yang baik dan itu jadi bekal untuk masuk ke tingkat SMP. Nilai ini sangat menentukan untuk pendidikan kalian selanjutnya,” tegasnya.

Penjabat Bupati Marthen Kogoya juga mengaku dirinya adalah alumni SD Negeri Karubaga yang lulus tahun 1991. Selain dirinya, kata Marthen, sudah banyak alumni yang  terbukti sukses hari ini di berbagai profesi. Ada yang menjadi pejabat, pilot, dokter, kepala dinas, anggota DPRD dan sebagainya.

“Kenapa kami bisa? Karena dulu kami selalu dengar-dengaran, patuh pada perintah guru dan orang tua. Adik-adik juga pasti bisa menjadi seperti kami asal rajin belajar dan suka dengar-dengaran. Bapa Bupati punya dua guru yang masih hidup, ada Pak Darsono yang sudah pensiun dan Aur yang saat ini Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipikll,” tutur Marthen disambut tepuk tangan meriah anak-anak.

Untuk diketahui, sebanyak 78 siswa-siswi SD Negeri Kelas VI Karubaga sesuai jadwal akan mengikuti Ujian Nasional yang berlangsung selama 8-12 Mei 2023. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box