Kepala Dinas Kesehatan Mamberamo Tengah Dotius Doga bersama para Kabid saat bertemu Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin di Jakarta, 3 Mei 2023.

KOBAKMA (PB.COM)-Dinas Kesehatan Kabupaten Mamberamo Tengah (Mamteng), Provinsi Papua Pegunungan saat ini sedang menyiapkan calon mahasiswa untuk mengikuti seleksi program beasiswa kedokteran bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan. Para calon mahasiswa anak-anak asli Mamteng ini sedang digembleng di Kota Jayapura, Provinsi Papua.

Kepala Dinas Kesehatan Mamteng, Dotius Doga mengatakan, program beasiswa kodokteran merupakan hasil pertemuan pihaknya dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Ini juga merupakan tindak lanjut dari Memmorandum of Understunding (MoU) Plt. Bupati Mamteng Yonas Kanelak dengan Kementerian Kesehatan saat Hari Kesehatan Nasional (HKN) di Distrik Ilugwa, November 2022 lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Mamberamo Tengah Dotius Doga bersama para Kabid saat memberi keterangan kepada pers di Kobakma, Selasa, 16 Mei 2023.

“Kami telah menemui Menteri Kesehatan di Jakarta, 3 Mei 2023 lalu. Hasilnya, Kementerian Kesehatan menyetujui alokasi beasiswa kedokteran bagi calon mahasiswa Kabupaten Mamberamo Tengah,” ujar Kadis Kesehatan Dotius Doga didampingi Kabid Kesmas Helda Wali, Kabid SDK Peki Wanimbo dan Kabid Yankes Maran Aut di Kantor Dinas Kesehatan Mamberamo Tengah, Kobakma, Selasa, 16 Mei 2023.

Menurut Dotius, alokasi program beasiswa untuk anak-anak asli Mamteng sebanyak 20 orang. Dari alokasi ini, sebanyak 10 orang untuk program dokter umum, sedangkan 10 orang untuk formasi dokter gigi.

Oleh karena itu, ia meminta anak-anak calon mahasiswa kedokteran untuk belajar dengan disiplin dan serius agar pada saat mengikuti seleksi nanti bisa dinyatakan lulus.

Sementara itu, Kabid Kesmas Dinkes Mamteng, Helda Wali memberikan apresiasi kepada Kementerian Kesehatan RI yang telah menyetujui program beasiswa kedokteran bagi calon mahasiswa asal Kabupaten Mamteng.

Menurut Helda, selain 20 anak yang akan mendapatkan beasiswa kedokteran, dalam tahun ini juga Dinas Kesehatan Mamteng akan mengirimkan 2 orang dokter untuk mengambil studi spesialis.

“Tentu kami bangga karena 20 anak yang mendapat beasiswa tersebut merupakan suatu keberhasilan Dinas Kesehatan Mamberamo Tengah,” Hilda.

Ia berharap, tahun depan jumlah calon mahasiswa asal Mamteng yang mengikuti seleksi program beasiswa kedokteran bertambah.

“Kami akan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, tentu harapannya mereka dapat meningkatkan mutu output sehingga lebih banyak anak-anak Mamberamo Tengah yang lulus dalam seleksi beasiswa nanti,” tegasnya. (Reis Masella/Humas Pemkab Mamteng)

Facebook Comments Box