Penjabat Bupati Tolikara Marthen Kogoya dan Ketua TP PKK Ny. Maria Kogoya saat memberikan makanan dan minuman secara simbolis kepada beberapa anak SD yang hadir pada acara launching program SARASEHANS di SD Yimu Igari, Jumat, 19 Mei 2023.

JAYAPURA (PB.COM)Penjabat Bupati Tolikara, Provinsi Papua Pegunungan, Marthen Kogoya, SH,M.AP, Jumat, 19 Mei 2023 secara resmi me-launching program Sarapan Sehat Anak Sekolah (SARASEHANS) di SD Yimu Igari, Distrik Karubaga.

Pada kesempatan itu, Marthen Kogoya yang didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Tolikara Ny. Maria I. Goran Kogoya dan Sekretaris Daerah Tolikara Yosua Noak Douw, S.Sos,M,Si,MA hadir langsung memberikan makanan dan minuman secara simbolis kepada beberapa anak SD yang hadir.

Dalam sambutannya, Penjabat Bupati Marthen Kogoya mengatakan, SARASEHANS adalah salah satu program unggulan baru di Kabupaten Tolikara yang merupakan penjabaran dari visi misi Pemda Tolikara yaitu Menuju Tolikara Yang Unggul, Mandiri dan Sejahtera.

“Untuk mencapai SDM yang unggul, Pemda Tolikara melakukan intervensi sejak dini, termasuk lewat program SARASEHANS. Ini merupakan program lanjutan dari 1.000 Hari Pertama Kehidupan yang dijankan mantan bupati Usman Wanimbo. Nah kalau HPK, perhatian pemerintah sejak dari kandungan sampai Balita, maka lanjutannya ialah mulai TK dan SD, Pemda Tolikara dengan program SARASEHANS ini,” kata Marthen.

Menurut Marthen Kogoya, perhatian pemerintah terhadap kesehatan anak-anak Tolikara sejak dari kandungan hingga masa sekolah dasar adalah cara yang tepat untuk meningkatkan kualitas SDM Tolikara yang unggul dan berdaya saing ke depan. Sebab antara pendidikan dan kesehatan adalah dua hal yang saling berkolerasi.

“Dengan meluncurkan program SARASEHANS, kepada semua anak-anak, Bapak bupati minta kalian harus semangat ke sekolah. Jangan malas lagi. Sudah ada sarapan sehat jadi datang ke sekolah dan belajar yang disiplin,” tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Tolikara Yosua Noak Douw, S.Sos,M,Si,MA mengatakan, program SARASEHANS bisa memacu beberapa hal penting. Pertama, anak-anak yang malas masuk sekolah akan kembali rajin ke sekolah. Kedua, meningkatkan gizi anak-anak dan sekaligus membuat anak-anak fokus belajar.

Sekda Tolikara Yosua Douw (paling kanan) bersama Penjabat Bupati Marthen Kogoya dan Ketua TP PKK Ny. Maria Kogoya saat  acara launching program SARASEHANS di SD Yimu Igari, Jumat, 19 Mei 2023.

“Kalau anak-anak sebelum belajar sudah sarapan sehat dengan nutrisi yang baik, konsenrasi dan kemampuan daya tangkap mereka menerima pelajaran dari guru pasti jauh lebih baik. Ketiga, kita juga berterima kasih kepada Bapak Penjabat Bupati yang  bisa mengaktifkan program ini. Program sebenarnya sudah tertunda sudah dua tahun lamanya. Terima kasih juga Bapa Penjabat sudah turun langsung launching program ini bersama-anak-anak,” tegas Yosua disambut tepuk tangan meriah.

Menurut Yosua, Pemda Tolikara menargetkan SARASEHANS juga akan menjadi program nasional, mengikuti program 1.000 HPK yang sejak awal tahun ini telah ditetapkan pemerintah pusat sebagai program nasional.

“Kita yakin dan percaya, SARASEHANS ini akan menjadi program nasional sehingga Tolikara ini membawa berkat bagi Indonesia. Saya berpesan kepada para calon kepala daerah yang maju jadi bupati defenitif, program seperti ini jangan dihapus tetapi terus dilanjutkan,” tegas Yosua. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box