Dua petani kopi asal Pegunungan Bintang, Bertus Uopmabin dan Primus Uropmabin saat hadir di Pameran Papua Expo Coffee 2023 di Jayapura.

JAYAPURA (PB.COM)Papua Youth Creative Hub (PYCH) bersama Pemerintah Daerah Provinsi Papua, BUMN dan sejumlah stakeholder sukses menggelar pameran Papua Coffee Expo 2023 sepanjang 24-27 Mei 2023.

Sebanyak 38 UMKM dan kuliner, dari berbagai pelaku usaha di Bumi Cenderawasih hadir memeriahkan pameran yang mengusung tema “Kopi Papua untuk Indonesia dan Dunia” di halaman gedung PYCH di Distrik Abepura, Kota Jayapura.

Salah satu stand pameran kopi yang ramai diserbu pengunjung dalam pameran ini ialah stand Kopi Arabika milik dua petani asal Pegunungan Bintang, Bertus Uopmabin dan Primus Uropmabin. Sebanyak 60 kilogram (kg) kopi bubuk yang dibawa laku terjual hingga 55 kg.

Plt. Asisten II Setda Provinsi Papua Suzana Wanggai saat mampir di Stand Pameran Kopi milik petani Pegubin.

Yandi, salah seorang penikmat kopi yang berdomisili di Jayapura mengaku sejak dulu dirinya sudah jatuh cinta dengan cita rasa kopi Kiwirok, Pegunungan Bintang. Karena itu, tak tanggung-tanggung, ia memborong 3 kg kopi Kiwi pada pameran kali ini.

“Ini buat konsumsi pribadi. Kami di rumah pencinta kopi Kiwirok. Kebetulan kenal kopi ini dari kerabat yang dulu kerja di Oksibil dan bawa buat oleh-oleh. Sejak itu, kalau ada pameran kopi, pasti cari Kopi Kiwirok,” tutur Yandi.

Pada pameran kali ini, memang tak banyak petani kopi maupun pengelola kafe dari Pegubin hadir di halaman PYCH itu. Stand kopi Pegubin hanya diisi oleh kopi milik dua petani yakni Bertus Uopmabin dan Primus Uropmabin.

Bertus hadir membawa kopi bubuk kemasan bernama Kopi Kiwi sebanyak 20 kg. Kopi ini merupakan varietas produk unggul petani kopi di Distrik Kiwirok. Sementara Primus membawa kopi Arabica Abmi Varietas Tipika bentuk fullwash 30 kg dan natural 5 kg.

“Puji Tuhan, semuanya laku terjual. Dengan mengikuti pameran ini, kami berharap Pemerintah Daerah Pegunungan Bintang, baik bupati maupun dinas terkait bisa memperhatikan kami para petani kopi. Selama ini kami jalan swadaya. Kami akan makin produktif kalau ada dukungan dari pemerintah,” tutur Bertus Uopmabin.

Sementara itu fasilitator pameran Expo Kopi Papua 2023 yang juga pengurus Papua Youth Creative Hub (PYCH) Marthinus Kakyarmabin, S.IP mengatakan, cita rasa kopi asal Pegunungan Bintang memiliki ciri khas yang punya daya jual tinggi di pasaran. Sebab suhu dan tanah di Pegunungan Bintang berbeda dengan yang lain.

“Banyak penikmat kopi membutuhkannya. Oleh karena itu, Papua Youth Creative Hub sudah membuka kran bahwa ada pangsa pasar besar. Kami terus mendorong para petani kopi untuk produktif di hulu, tetapi peluang ini harus ditangkap semua pihak di hilir, terutama Pemerintah Daerah melalui dinas terkait untuk pemasaran dan pembinaan,” kata Marthinus, Minggu, 28 Mei 2023.

Ketua Panitia Papua Coffee Expo 2023 Lita Numberi mengatakan pameran kopi terbesar yang mendukung, memfasilitasi, dan mensinergikan rantai kopi Papua dari hulu hingga ke hilir. Mulai dari petani kopi, produsen dan distributor mesin kopi, barista, sampai para penikmat kopi Papua.

“Expo ini diharapkan menjadi fondasi awal pengembangan ekosistem usaha kopi Papua yang berkualitas dan berdaya saing nasional dan global, sehingga dapat berkontribusi bagi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Papua,” ucap Lita Numberi mengutip rm.id.

PLH. GUbernur Papua Ridwan Rumasukun saat mencoba cita rasa kopi usai membuka secara resmi pameran itu pada Rabu, 24 Mei 2023.

Sementara itu, Pelaksana Harian (PLH) Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun saat membuka pameran kopi menjelaskan, salah satu komoditas unggulan Papua adalah kopi. Sebab, kopi Papua memiliki keunikan cita rasa yang khas.

“Papua Coffee Expo 2023 ini akan menggerakkan ekonomi Papua dengan menghubungkan ekosistem industri kopi dari hulu ke hilir hingga memasarkan kopi Papua ke pasar global,” kata Ridwan.

Dia juga menyampaikan, akan mendukung usaha kopi yang dilakukan anak-anak muda Papua, dan akan membawa pelaku usaha kopi dan UMKM lainnya ke Milan Expo pada September 2023 nanti. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box