Bupati Spei Yan Bidana menyalami para kepala sekolah yang baru dilantiknya di BPMP Kotaraja, Kamis, 15 Juni 2023.

JAYAPURA (PB.COM)Bupati Pegunungan Bintang (Pegubin) Spei Yan Bidana, ST.M.Si secara resmi melantik 26 kepala sekolah tingkat TK, SD, SMP dan SMA di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Pegubin, Kamis sore, 15 Juni 2023 di Aula BPMP Kotaraja, Jayapura.

Dari 26 kepala sekolah yang dilantik, terdapat 2 kepala TK, 14 kepala SD, 7 kepala SMP, dan 3 kepala SMA di wilayah itu.

“Saya sampaikan selamat kepada para kepala sekolah yang baru dilantik. Pesan saya pertama, karena bapa ibu ada di tengah masyarakat akar rumput, tolong jaga keamanan. Sekali lagi tolong ikut jaga keamanan. Bapa ibu harus ambil peran untuk jadi penasihat bagi semua orang di masyarakat. Tidak boleh terjadi seperti yang lalu-lalu. Segala sesuatu bisa dibicarakan dari hati ke hati dan kepala sekolah punya peran itu,” kata Bupati Spei Bidana dalam sambutannya.

Pesan ini disampaikan Spei menyikapi kondisi keamanan di Pegunungan Bintang yang sempat terganggu yang dilakukan orang tidak bertanggung jawab yang terafilisiasi dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) sejak insiden Kiwirok 2021 dan merambat sejumlah distrik lainnya. Dampaknya masih terasa hingga kini, dimana sejumlah sekolah belum beroperasi normal.

“Yang akan rugi ya masa depan anak-anak kita sendiri. Kasihan. Padahal, harusnya kita bersyukur saat ini kita sudah punya Universitas Okmin Papua. Kalau pendidikan dasar kita berjalan bagus, anak-anak kita diarahkan untuk kuliah di sana dan uang kita berputar di Pegunungan Bintang. Saat ini kita biayai sekitar 3.000 lebih mahasiwa dan tiap tahun puluhan miliar, artinya kita bawa uang keluar daerah,” ujar Bupati Spei.

Menurut Spei, kunci paling mendasar dari suksesnya pendidikan di suatu daerah ialah pendidikan dasar. Oleh karena itu, ia meminta kepada para kepala sekolah kembali mengambil peran sebagai guru yang berdedikasi tinggi dan disegani seperti di masa para misionaris dulu.

“Esensi dari peradaban di Pegunungan Bintang adalah guru. Kalau ada guru SD di situ, saya percaya pasti daerah ituu akan maju. Kemudian, peran orang tua untuk mendorong anak-anak untuk sekolah. Guru dan Gereja harus ambil peran buka mindset orang tua bahwa sekolah itu penting bagi masa depan,” tutur mantan Kepala Bappeda Pegubin ini,

Pada kesempatan itu, Spei Bidana juga kembali mengingatkan tentang pentingnya tertib administrasi penggunaan dana BOS dan disiplin para kepala sekolah serta guru-guru dalam menjalankan tugas. Sebab hal ini masih menjadi catatan merah dari tahun ke tahun yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan setempat.

“Harapan saya, kalian selalu ada di tempat, jangan selalu tinggalkan tempat tugas. Memang sana-sini banyak kekurangan, tetapi menjadi guru adalah panggilan jadi harus berada di tempat tugas agar anak-anak bisa sekolah,” tutupnya.

Kepala Sekolah Yang Dilantik

Berdasarkan SK Bupati Pegunungan Bintang Nomor SK.188.4-45/821.2-35/2023 tertanggal 15 Juni 2023, adapun ke-26 Kepala Sekolah se-Pegubin yang dilantik oleh Bupati Spei Bidana yaitu:

  1. Karel Malo (Kepala SMA Negeri Okbab Distrik Okbab)
  2. Yeremias Rumsowek, S.Pd (Kepala SMA Negeri Pamek Distrik Pamek)
  3. Hermansa Mataputun, A.Ma.Pd (Kepala SMA Negeri Eipumek Distrik Eipumek)
  4. Titus Giay, S.Pd (Kepala SMP Negeri Oksibil Distrik Oksibil)
  5. Alowesius Kakyarmabin, SS (Kepala SMP Negeri Bulangkop Distrik Ok Aom)
  6. Magalina Malo A.Md.Pd (Kepala SMP Negeri Borme Distrik Borme)
  7. Mikel Taplo, S.Pd (Kepala SMP Negeri Oksamol Distrik Oksamol)
  8. Yurani Taplo Ibek (Kepala SMP YPPGI Theo Pogay I Kiwirok Distrik Kiwirok)
  9. Semuel Kalakmabin (Kepala SMP Negeri Aboy Distrik Aboy)
  10. Sebedius Murkim (Kepala SMP Negeri Batom Distrik Batom)
  11. Efinus Malyo, S.Th (Kepala SD YPPGI Marikla Distrik Pamek)
  12. Setyo Wibowo (Kepala SD Negeri Lulis Distrik Jetfa)
  13. Les Jigibalom, S.Pd (Kepala SD Inpres Nongme Distrik Nongme)
  14. Gerson Taplo (Kepala SD Inpres Okyop Distrik Okyop)
  15. Karel Rumbekwan (Kepala SD Inpres Aboy Disrik Aboy)
  16. Marten Bidana (Kepala SD Inpres Kukuperip Distrik Kalomdol)
  17. Yance Dilam, A.Ma.Pd (Kepala SD Inpres Bulangkop Distrik Ok Aom)
  18. Matius Taplo, A.Md (Kepala SD Inpres Baser Distrik Baser)
  19. Keby Nabyal (Kepala SD Inpres Tabasik Distrik Bime)
  20. Napius Mul (Kepala SD Inpres Onya Distrik Borme)
  21. Menius Wisal (Kepala SD Inpres Bordamban Distrik Borme)
  22. Thadeus Kotonem, A.Ma,Pd (Kepala SD Inpres Arintap Distrik Kawor)
  23. Saul Kulka, A.Ma.Pd (Kepala SD Inpres Luban Distrik Aboy)
  24. Laban Dell (Kepala SD YPPGI Mulun Distrik Kawor)
  25. Yunus Kalakmabin (Kepala TK Negeri Ok Aom Distrik Ok Aom)
  26. Dorothea Fibriyanti Akhirini K.H.P., A.Ma.Pd (Kepala TK Negeri Abirip Distrik Serambakon)

Hadir menyaksikan pelantikan 26 kepala sekolah ini, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pegubin, Drs. B. Aquino Uropmabin dan sejumlah kepala bidang di lingkungan kerjanya.

“Saya berharap tugas dan tanggung jawab yang diberikan kepada para kepala sekolah harus dilaksanakan sepenuh hati. Umumnya mereka yang dilantik adalah para kepala sekolah yang berasal dari wilayah setempat. Jadi kalau di sekolah masih ada anak-anak yang bodoh, ya kepala sekolah yang malu karena itu dia punya anak sendiri,” tegas Aquino. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box