Para peserta Paduan Suara Gregorian Remaja Kota Jayapura bersama pelatihnya saat menjalani latihan di Gereja Katolik Gembala Baik Abepura, Sabtu, 30 September 2023.

JAYAPURA (PB.COM)—Paduan Suara (PS) Gregorian Remaja Kota Jayapura terus berlatih mengolah vokal untuk menyiapkan diri mewakili Provinsi Papua dalam perlombaan Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Nasional III, akhir Oktober 2023 mendatang di Jakarta.

Sebanyak 32 peserta plus 1 dirigen dalam paduan suara kategori ini akan membawakan dua lagu berbahasa Latin yaitu Credo (lagu wajib) dan Tantum Ergo (lagu pilihan).

“Sejauh ini kami sudah lakukan 14 kali latihan, ini latihan ke-15. Masih ada sekitar 15 kali latihan lagi sebelum anak-anak masuk masa karantina,” kata Pelatih PS Gregorian Remaja Kota Jayapura, Bertje Ngantung kepada Humas LP3K Papua di sela-sela latihan pada Sabtu, 30 September 2023 di Gereja Paroki Gembala Baik Abepura.

Pelatih PS Gregorian Remaja Kota Jayapura, Bertje Ngantung.

Menurut Bertje, salah satu kesulitan yang dialami peserta ialah menghafal dan melafalkan Bahasa Latin secara benar. Sebab di Kota Jayapura, harus diakui lagu Gerejani berbahasa Latin masih asing di telinga remaja.

Oleh karena itu, pada latihan ke-15 ini, pihaknya pun mendengarkan keinginan peserta untuk mengganti lagu pilihan dari Iesu Dulcis Memoria ke lagu Tantum Ergo. Sebab lagu Iesu Dulcis Memoria syairnya agak panjang dan membuat peserta kesulitan menghafal. Sementara Tantum Ergo lebih mudah.

“Target kami tidak muluk-muluk, tapi kami tetap optimis untuk memberikan yang terbaik untuk mengharumkan Provinsi Papua pada Pesparani Nasional III mendatang,”  tegasnya.

Adriana Kameubun selaku koordinator PS Gregorian Remaja Kota Jayapura saat memberikan evaluasi kepada peserta di sela-sela latihan.

Adriana Kameubun selaku koordinator PS Gregorian Remaja Kota Jayapura pada Pesparani Nasional III ini mengaku, dari 32 peserta ini, rata-rata berasal dari Paroki Gembala Baik Abepura yang memenangkan lomba kategori yang sama pada Pesparani tingkat Kota Jayapura, September 2022 silam.

“Hanya ada 6 orang peserta yang tidak dapat ikut karena ada yang kuliah dan halangan lain. Jadi kami putuskan ambil dari tiap-tiap paroki terutama, anak-anak Asli Papua. Dan tersedia hanya ada di Paroki Argapura adan 4 dan Katedral ada 2,” kata Adriana.

Ia menambahkan, peserta paduan suara kategori ini berusia 13-17 tahun. Dari jumlah yang ada, hanya terdapat 2 orang mahasiswa dan 8 siswi SMA. Sisanya adalah siswa-siswi SMP dengan jumlah 22 orang.

“Kami berharap dengan prestasi mereka yang pernah memenangkan kategori ini di Pesparani Kota Jayapura, anak-anak kita bisa tampil maksimal penuh percaya diri di Pesparani Nasional nanti,” tuturnya.

Mengaku Senang

Salah seorang peserta PS Gregorian Remaja Maria Riantika Gultom mengaku senang atas kepercayaan yang diberikan LP3K Provinsi Papua kepada ia dan rekan-rekannya untuk tampil pada ajang Pesparani Nasional III di Jakarta.

Dua peserta PS Gregorian Remaja, Maria Riantika Gultom dan Paulus Mansuetus Julius Rayar.

“Tentu sangat senang diberi kepercayaan. Ini pertama kali kami tampil di Pesparani Nasional. Kami sangat mohon dukungan dari teman-teman dan bapak ibu sekalian agar kami tetap sehat dan jalani latihan di sisa waktu ini tanpa halangan,” ujar gadis remaja yang saat ini duduk di Kelas XII SMAN 4 Jayapura ini.

Sementara itu, peserta lain, Paulus Mansuetus Julius Rayar mengatakan, salah satu kesulitan yang dialami adalah menghafal dan melafalkan syair lagu berbahasa Latin. Namun sebagai peserta tertua, ia terus mendorong adik-adiknya untuk semangat berlatih.

“Kami berbangga bisa mewakili Provinsi Papua dan bisa bertemu teman-teman di provinsi lain pada Pesparani Nasional nanti. Semoga persembahan suara kami menjadi berkat dan harumkan nama Papua,” tutur siswa UGM Yogyakarta ini.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, berdasarkan hasil Rapat Kerja Daerah (Rakerda) yang digelar Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik (LP3K) Provinsi Papua, Sabtu, 26 Agustus 2023, akan ada 13 mata lomba yang akan diikuti pada ajang Pesparani Nasional III di Jakarta, Oktober 2024 mendatang. Salah satunya ialah Paduan Suara Gregorian Remaja dari Kota Jayapura.

Selain itu, terdapat mata lomba Paduan Suara Dewasa Campuran (Kota Jayapura), Paduan Suara Dewasa Pria (Kabupaten Jayapura), Paduan Suara Dewasa Wanita (Kota Jayapura), Paduan Suara Dewasa OMK Campuran (Kota Jayapura), Paduan Suara Anak (Kabupaten Jayapura).

Kemudian mata lomba Mazmur Kategori Anak (Kota Jayapura), Mazmur Kategori Remaja (Kabupaten Jayapura), Mazmur Kategori OMK (Kabupaten Keerom), Mazmur Kategori Dewasa (Kabupaten Biak Numfor), Cerdas Cermat Kategori Anak (Kabupaten Sarmi), Cerdas Cermat Kategori Remaja (Kota Jayapura), dan Bertutur Kitab Suci Anak dari Kabupaten Keerom. (Gusty Masan Raya/Humas LP3K Papua)

Facebook Comments Box