Penjabat Bupati Mamberamo Tengah Manogar Sirait dan istri saat naik mobil dan konvoi keliling jalan-jalan utama Kota Kobakma, Selasa, 10 Oktober 2023.

KOBAKMA (PB.COM)Masyarakat Kabupaten Mamberamo Tengah di ibukota Kobakma dengan penuh antusias dan meriah menyambut Penjabat Bupati Manogar Sirait, SIP bersama istri Elviana Siregar, Selasa, 10 Oktober 2023. Ini adalah kedatangan Manogar pertama kali usai ia dilantik Penjabat Gubernur Papua Pegunungan Nikolaus Kondomo di Wamena, 6 Oktober 2023.

Pantauan media, sekitar belasan mobil pick up dan truk yang ditumpangi masyarakat berkonvoi bersama Penjabat Bupati Manogar Sirait dan istri mengililingi jalan-jalan utama Kota Kobakma.

Usai konvoi, digelar ibadah syukur yang berlangsung khidmat hingga selesai, dilanjutkan dengan makan bakar batu (barapen) bersama. Selain dihadiri masyarakat, hadir pula Kapolres Mamberamo Tengah Kompol Rahman Ramli, anggota DPRD, tokoh adat, tokoh masyarakat, intelektual dan perwakilan masyarakat dari lima distrik.

Penjabat Bupati Manogar Sirait mengaku dirinya merasa sangat terharu sebab ia tidak menyangka dirinya akan disambut meriah oleh masyarakat Mamberamo Tengah. Karena itu, ia menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh masyarakat yang telah hadir mendukungnya.

“Saya merasa terharu, sebab jujur saya tidak menduga acara ini dilaksanakan. Sesuai dengan kesepakatan awal antara saya dan pimpinan serta anggota DPRD bahwa acara dibatalkan. Tapi nyatanya acara hari ini jadi. Ini merupakan inisiatif masyarakat,” ujar Manogar.

Menurutnya, dukungan masyarakat akan dirinya dalam menjalankan tugas sebagai Penjabat Bupati Mamberamo Tengah adalah modal yang kuat baginya untuk bekerja.

“Harapan masyarakat akan situasi yang kondusif, bekerja sama tentu akan diwujudkan. Ini melibatkan semua pihak, tidak hanya tugas eksekutif,” tambahnya.

Masyarakat Mendukung

Pada kesempatan itu, sejumlah elemen masyarakat menyatakan untuk menerima, mendukung penuh, dan siap bekerja sama dengan Penjabat Bupati termasuk ikut menjaga keamanan di Kabupaten Mamberamo Tengah.

Ketua LMA Kabupaten Mamberamo Tengah Babor Bagabol mengatakan, masyarakat sudah secara resmi menerima Penjabat Bupati Manogar Sirait sesuai dengan tradisi budaya masyarakat, termasuk bakar baru.

Dia menegaskan, masyarakat siap mendukung Penjabat Bupati dalam melaksanakan tugasnya, baik persiapan Pemilu Serentak 2024 maupun program-program pembangunan.

“Pada dasarnya kami sudah menerima Penjabat Bupati, maka wajib masyarakat mendukung dan bekerja sama,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Mamberamo Tengah Kompol Rahman Ramli meminta masyarakat untuk menerima Penjabat Bupati sebagai utusan Menteri Dalam Negeri untuk melaksanakan tugasnya di kabupaten Mamberamo Tengah.

“Mari semua elemen masyarakat yang ada untuk dukung Penjabat Bupati sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah pusat dalam menjalankan tugas di Kabupaten Mamberamo Tengah,” kata Kapolres Rahman.

Kompol Rahman juga meminta masyarakat untuk menjaga kambtibmas di wilayah Kabupaten Mamberamo Tengah sebagai modal utama roda pembangunan dan pemerintahan. (Reis Masella/Humas Pemkab Mamteng)

Manogar Sirait, SIP menjadi Penjabat Bupati Mamberamo Tengah (Mamteng) di halaman Kantor Gubernur Papua Pegunungan, Jumat, 6 Oktober 2023.

Facebook Comments Box