Penjabat Gubernur Provinsi Papua Pegunungan Nikalous Kondomo, SH.MH saat tiba di Oksibil dijemput Bupati Pegubin Spei Yan Bidana, ST,MSi, Kamis, 19 Oktober 2023.

OKSIBIL (PB.COM)—Penjabat Gubernur Provinsi Papua Pegunungan Nikalous Kondomo, SH.MH melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin). Dengan menggunakan pesawat jenis Caravan milik maskapai Mission Aviation Fellowship (AMA), Kondomo tiba di Bandara Oksibil sekitar Pkl. 09.00 WIT disambut Bupati Pegubin Spei Yan Bidana, ST,M,Si, Plt. Sekretaris Daerah Pegubin Jeni Linthin, SH,M.Si, dan seluruh OPD dan masyarakat.

Ikut mendampingi Penjabat Gubernur Kondomo, Asisten I Setda Papua Pegunungan Wasuok Demianus Siep, Asisten II Elai Giban, Ketua Pengadilan Negeri Wamena Dedy Heryanto, SH, Kepala Kejaksaan Negeri Wamena Salman, SH,MH, Kepala Biro Tata Pemerintahan Efraim Kenengalem, dan Kepala Satpol PP Yanius Telenggen.

Penjabat Gubernur Provinsi Papua Pegunungan Nikalous Kondomo saat disambut di Bandara Oksibil.

Penjabat Gubenur Nikolaus Kondomo dan rombongan disambut meriah dengan tarian tarian Ngalum dan prosesi penerimaan secara adat. bersama sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Ratusan staf Aparatur Sipil Negara (ASN) Pegubin berbaris menyambut orang nomor satu di Provinsi Papua Pegunungan ini.

“Selamat datang di tanah kami Bumi Okmin, Bapak Penjabat Gubernur,” ujar Bupati sambil menyalami dan memeluk sang penjabat gubernur.

Penjabat Gubernur Nikolaus dan rombongan kemudian bergerak menuju ke Kantor Bupati Pegubin, lalu ke kampus Universitas Okmin Papua (UOP), ke Pasar Sentral Oksibil, dan mengunjungi tempat produksi Kopi Okmemin.

Apresiasi Bupati Spei

Dalam kunjungan kerjanya, Penjabat Gubernur Papua Pegunungan Nikolaus Kondomo mengajak seluruh masyarakat Pegunungan Bintang bersatu mendukung program-progam pembangunan yang sedang dijalankan oleh Bupati Spei Yan Bidana.

“Saya minta rakyat harus kreatif, kerja mandiri, dan mendukung program-program pembangunan yang dikerjakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pegunungan Bintang,” tegasnya.

Menurutnya, salah satu gebrakan bagus yang dilakukan oleh Bupati Spei Yan Bidana ialah menghadirkan Universitas Okmin Papua (UOP) sejak 2021 di Oksibil dan sejumlah terobosan di bidang energi terbarukan. Hal ini juga ikut mengangkat nama Provinsi Papua Pegunungan di tingkat nasional.

“Saya sangat mengapresiasi Bupati Pegubin karena sudah menghadirkan salah satu universitas dan sejumlah program gebrakan pembangunan. Di tengah situasi dan kondisi Pegunungan Bintang yang terisolasi seperti ini, tetapi ini Bupati Spei menampilkan bahan percontohan bagi kepala-kepala daerah lain di Papua,” tegas putra Boven Digoel mantan Kajati Papua ini.

Kondomo juga mengapresiasi hadirnya ekonomi kreatif melalui unit usaha Kopi Okmemin. Sebab jika ini terus ditingkatkan maka bisa meningkatkan pendapatan petani kopi dan seluruh mata rantai bisnis dari para pelaku usaha.

Penjabat Gubernur Nikolaus Kondomo saat mengunjungi tempat produksi Kopi Okmemin.

“Jangan lupa jaga ketahanan lokal dengan menanam ubi. Tanah kita ini sangat subur,” tegasnya.

Semangat Membangun

Sementara itu, Bupati Spei Yan Bidana mengatakan, tujuan kedatangan gubernur ialah memastikan bahwa rakyat Pegunungan Bintang, Pemda Pegubin, penyelenggara Pemilu (KPU dan Bawaslu), dan TNI/Polri bisa menyelenggarakan Pemilu Serentak secara damai pada tanggal 14 Februari 2024 untuk memilih presiden dan DPR RI/DPRD.

Bupati Pegubin Spei Yan Bidana, ST,M,Si.

“Selain itu, kami ini sedang bergerak sesuai dengan visi negara dan arahan presiden untuk bagaimana menerjemahkan program prioritas seperti menjaga inflasi daerah, ketahanan pangan, dan menurunkan angka stunting,” ujar Spei Bidana.

Menurutnya, salah satu isu internasional hari ini ialah krisis iklim dan kekurangan pangan akibat peperangan di Ukraina dan Rusia. Akibatnya, suplai gandum ke beberapa negara terputurs. Sebanyak 20 negara krisis karena tidak mau mengekspor beras ke negara lain dan hanya memprioritas rakyatnya.

“Oleh karena itu, secara nasional Presiden Jokowi memerintahkan agar demi menjaga ketahanan pangan lokal, masyarakat diajak harus tanam makanan lokal pengganti beras. Dan lebih sehat. Ubi kita kaya dengan gizi,” tuturnya.

Di hadapan gubernur, Bupati Spei Bidana juga menyampaikan kabar baik tentang Universitas Okmin Papua. Selama dua tahun berdiri, gedung kampus ini siap dibangun oleh Kementerian PUPR di Oksibil mulai tahun 2024.

Penjabat Gubernur Papua Pegunungan Nikolaus Kondomo menyalami salah seoranng mama di Pasar Sentral Oksibil.

“Saya dapat laporkan bahwa pembangunan gedung kampus Universitas Okmin Papua sudah disetujui oleh Menteri Pekerjaan Umum. Dan kita bersyukur di saat Provinsi Papua Pegunungan hadir, kita sudah bangun satu universitas ini. Sebab dalam undang-undang bahwa suatu provinsi harus mempunyai universitas,” tegasnya.

Spei Bidana mengaku bahwa selama dua tahun lebih memimpin Pegubin, berbagai tantangan menghadang. Selain isolasi geografis karena belum ada jalan darat penghubung dari Wamena, Jayapura dan Merauke, juga faktor keamanan dimana eskalasi gangguan oleh kelompok KKB terjadi beberapa kali dua tahun terakhir.

Meja dan tenda bantuan Penjabat Gubernur Papua Pegunungan Nikolaus Kondomo.

“Tapi ini saya terima sebagai tantangan buat saya untuk melangkah jauh ke depan. Saya sebagai orang Kristen yakin dan percaya bahwa di masa kepemimpinan saya diperlakukan seperti Tuhan Yesus yang sedang di main belakang oleh murid-murid-nya,” bilang Spei.

Pada kesempatan kunjungan itu, Penjabat Gubernur Nikolaus Kondomo menyerahkan bantuan meja dan payung jualan kepada mama dari beberapa distrik. Setelah menutupi sejumlah kegiatan, Kondomo didampingi Bupati Spei dan seluruh kepala OPD berbelanja jualan mama-mama Papua di Pasar Sentral Oksibil. (Aquino Ningdana/Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box