Bupati Spei Yan Bidana saat menyerahkan beras bantuan secara simbolis kepada Kepala Distrik Oksop, Jumat, 20 Oktober 2023.

JAYAPURA (PB.COM)Bupati Pegunungan Bintang Spei Yan Bidana, ST,M.Si menyerahkan bantuan beras cadangan pangan untuk masyarakat di Distrik Oksop, Jumat, 20 Oktober 2023. Beras ini merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat melalui Badan Pangan Nasional untuk menjaga ketahanan pangan.

Penyerahan beras bantuan untuk Distrik Oksop sebanyak 2.150 kg ini dilakukan secara simbolis oleh Bupati Spei Bidana kepada Kepala Distrik Oksop didampingi Kepala Dinas Pertanian Pegubin, Herman Sampe, ST.

“Tadi saya ada serahkan beras bantuan untuk Distrik Oksop 2,1 ton. Kemarin sudah diserahkan 3 ton untuk Distrik Serambakon sudah kita serahkan 3,8 ton. Sementara ada sekitar 47-an ton masih di Jayapura, menunggu angkutan untuk 23 distrik lain langsung ke ibukota distrik,” kata Bupati Spei kepada papuabangkit.com, Jumat siang.

Menurut Spei, masyarakat harus memahami bahwa esensi bantuan beras dari Kemensos ini hanyalah cadangan pangan bagi masyarakat. Artinya, yang paling utama adalah pangan lokal.

“Karena itu masyarakat harus berkebun. Tanam ubi, sayur, pelihara babi. Saya selalu bilang, beras bukan makanan pokok kita. Kalau di NTT makanan pokoknya jagung, di Papua makanan pokok kita ubi dan sagu,” tegas politisi PDI Perjuangan ini.

Mantan Kepala Bappeda ini juga menjelaskan, saat ini dunia sedang krisis pangan. Hal itu terjadi akibat dampak dari perang Ukraina dan Rusia, dimana impor gandum dan beras dari negara pemasok ditahan.

“Selain itu dampak kekeringan dan El Nino. Karena itu, saya ajak semua masyarakatku Pegunungan Bintang, mari berkebun dan tanam ubi. Kandungan gizi ubi kita, boneng lebih tinggi dari nasi,” tutupnya. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box