Kondisi pelataran depan UGD RSUD Jayapura yang dihamburi sampah akibat aksi kekecewaan para cleaning service yang menuntut gajinya, Rabu, 22 November 2023 pagi.

JAYAPURA (PB.COM)Viral puluhan petugas kebersihan atau Cleaning Service (CS) di RSUD Jayapura yang melakukan aksi menghambur-hamburkan sampah di RSUD Jayapura, Rabu, 23 November 2023 pagi, membuat manajemen angkat bicara.

Direktur RSUD Jayapura drg. Aloysius Giyai, M.Kes kepada sejumlah media di Jayapura mengatakan, pihaknya sangat menyayangkan aksi itu. Sebab menurutnya, tuntutan para tenaga CS ke manajemen RSUD Jayapura adalah salah sasaran.

“Harusnya mereka demo dan tuntut perusahaan yang menaungi mereka, bukan ke RSUD Jayapura. Ini memang tanggung jawab perusahaan selaku pihak ketiga dan manajemen di masa lalu. Sebab dari alokasi dana untuk Cleaning Service selama setahun, pihak perusahan yang membawahi Cleaning Service itu sudah ambil jatah enam bulan yaitu dari Januari sampai Juni 2023. Herannya, gaji bulan Mei bagi mereka belum dibayar perusahaan itu,” tegas Aloysous kepada wartawan, Rabu siang.

Direktur RSUD Jayapura drg. Aloysius Giyai, M.Kes.

Menurut Aloysius, sebelum aksi ini, beberapa bulan lalu pihaknya sudah memanggil perusahaan itu dan memediasi tuntutan para CS ini. Dalam mediasi itu, perwakilan perusahaan menyatakan akan menyanggupi untuk membayar hak para karyawannya ini.

“Namun, setelah perwakilan perusahaan menyampaikan ke pimpinan perusahaan itu, malah tak ada respon. Makanya mereka demo hari ini. Saya sudah ambil solusi, hari ini kami akan selesaikan gaji mereka bulan Mei 2023. Sesudah itu baru kami akan menuntut perusahaan itu untuk mengganti uang kami,” urainya.

Mantan Kepala Dinas Kesehatan Papua ini menegaskan, sejak dirinya masuk kembali memimpin RSUD Jayapura, dirinya mendapatkan banyak persoalan terkait pelayanan yang ditinggalkan pimpinan sebelumnya.

“Kami banyak cuci piring dan angkat sampah yang ditinggalkan. Ada juga penemuan BPK yang harus diselesaikan oleh manajemen lama dan pihak ketiga,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, sejumlah tenagah Cleaning Service (CS) di RSUD Jayapura melakukan aksi menuntut upah bulan Mei dan THR Lebaran yang belum dibayarkan oleh pihak perusahaan.

Mereka menghamburkan sampah di depan halaman Unit Gawat Darurat dan Gedung Jantung Terpadu rumah sakit rujukan tertinggi di Tanah Papua itu. Aksi mereka itu viral di sejumlah media sosial. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box