Bupati Pegunungan Bintang Spei Yan Bidana, ST,M.Si saat menyerahkan dana kompensasi kepada pemilik hak ulayat mata air di Kampung Okun. Desa Kabiding, Distrik Oksibil, Kamis, 23 November 2023.

JAYAPURA (PB.COM)Bupati Pegunungan Bintang, Spei Yan Bidana, ST,M.Si menyerahkan dana kompensasi sebesar Rp 300 juta kepada pemilik hak ulayat tempat  beradanya sumber mata Okmimka di Kampung Okun, Desa Kabiding, Distrik Oksibil, Kamis, 23 November 2023.

“Jadi ini bentuk ucapan terima kasih dan penghargaan dari Pemda Kabupaten Pegunungan Bintang kepada masyarakat pemilik hak ulayat, khususnya marga Uropmabin dan Tapyor. Tadi uang Rp 300 juta diserahkan Bapak Bupati,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Pegunungan Bintang, Yance Tapyor, ST,M.AP kepada papuabangkit.com, Kamis malam.

Menurut Yance, Pemda Pegunungan Bintang sangat berterima kasih kepada pemilik hak ulayat tempat beradanya mata air itu. Dukungan masyarakat adat setempat terhadap pembangunan jaringan air bersih sangat diapresiasi.

“Tentunya dengan harapan, masyarakat juga tetap menjaga hutan dan alam di sekitar lokasi mata air, melarang penebangan pohon agar debet mata air tetap terus terjaga,” katanya.

Yance memastikan, Pemda Pegubin melalui Dinas PUPR selaku instansi teknis sudah 90 persen telah merampungkan pembangunan jaringan air bersih untuk memasok kebutuhan air di perkantoran dan rumah tangga di Distrik Oksibil dan Kalomdol.

“Kami sudah bangun jaringan dari intake sampai reservoir, juga jaringan primer, sekunder dan tersier. Juga jalankan meterisasi dimana sudah memasang 300-an Sambungan Rumah (SR). Target kita, pertengahan Desember program air bersih untuk Oksibil dan Kalomdol ini sudah diresmikan,” bilangnya.

Ia menambahkan, dalam rangka meningkatkan Pendapan Asli Daerah (PAD) dan pengelolaan air bersih secara profesional dan mandiri, Pemda Pegubin sedang menggodok Peraturan Daerah (Perda) untuk membentuk satu UPTD khusus yang menangani air bersih setara dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

“Jadi air bersih ini menjadi kado Natal dan Tahun Baru dari Bupati Spei. Sekaligus memenuhi janji kampanye SEPTE. Saat ini yang sudah terpasang meteran, sudah menikmati air bersih,” tegas Yance. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box