Penjabat Gubernur Provinsi Papua Pegunungan Velix Vernando Wanggai saat tiba di Bandara Oksibi, Sabtu, 27 Januari 2024 untuk melakukan kunjungan kerja disambut Bupati Spei Yan Bidana.

JAYAPURA (PB.COM)Penjabat Gubernur Provinsi Papua Pegunungan, Dr. Velix Vernando Wanggai, S.IP,MPA melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin), Sabtu, 27 Januari 2024.

Dengan menggunakan pesawat kecil jenis Caravan milik SAM Air, Pj.Gubernur Velix dan rombongan tiba di Bandara Oksibil sekitar Pkl. 10.00 WIT dari Dekai, Yahukimo, tempat kunker sebelumnya.

Bupati Pegubin Spei Yan Bidana, ST,M,Si bersama Wakil Bupati Kris Bakweng Uropmabin, ST, Sekretaris Daerah Jeni Linthin, ST,M.Si, Forkopimda dan sejumlah kepala OPD menyambut gubernur.

Setelah proses penerimaan dengan tari-tarian adat Ok Mek Min di bandara, Pj. Gubernur Velix Wanggai dan rombongan bergerak menuju Aula Kantor Bupati Pegubin di Kukding untuk menggelar Rapat Koordinasi terkait Pemilu dan Agenda Prioritas.

“Jadi tadi, kami baru saja terima Kunjungan Kerja Bapak Penjabat Gubernur Provinsi Papua Pegunungan. Ada sejumlah hal yang kami sampaikan dalam rapat terutama menyangkut kesiapan Pemilu tanggal 14 Februari mendatang. Intinya, kami di Pegunungan Bintang sudah siap laksanakan Pemilu,” kata Bupati Spei Yan Bidana saat dihubungi papuabangkit.com, Sabtu sore.

Menurut Spei Bidana, KPU dan Bawaslu Pegubin selaku penyelenggara Pemilu dibantu TNI-Polri sudah menyatakan siap menyelenggarakan Pemilu. Kondisi Pegubin saat ini pun aman dan kondusif. Masyarakat dan para peserta Pemilu sudah sangat siap dan antusias menyambut pesta demokrasi, baik Pemilihan Legislatif maupun Pemilihan Presiden pada 14 Februari 2024 mendatang.

“Hanya saja, faktor teknis distribusi logistik Pemilu berupa kotak suara dari Jayapura ke beberapa distrik yang harus menggunakan pesawat kecil, khususnya di Daerah Pemilihan (Dapil) II dan III. Kalau Dapil I, Oksibil dan sekitarnya, bisa didrop melalui jalan darat. Paling hanya Kawor, Awimbon dan Alemson yang pakai pesawat,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Politisi PDI Perjuangan ini meminta pihak penyelenggara Pemilu untuk bekerja dengan jujur dan penuh integritas agar bisa menghasilkan pemimpin yang berkualitas yang bisa bekerja memperjuangkan nasib rakyat Kabupaten Pegubin ke depan.

“Saya berharap, seluruh masyarakat bisa menjaga keamanan menyambut pesta demokrasi ini. Pemilu itu pesta, jadi harus kita rayakan dengan gembira. Kepada para politisi terutama Caleg yang maju, kami berharap agar bisa berkompetisi secara sehat,” pintanya.

Untuk diketahui, Pegubin adalah satu kabupaten di wilayah yang tidak menggunakan sistem noken. Sejak dulu, Pegubin menggunakan sistem pemihan yang berlaku secara nasional yaitu one man one vote (satu orang satu suara).

Rapat Koordinasi Pemilu ini dihadiri pimpinan dan anggota KPU dan Bawaslu Pegubin, Kapolres Pegubin AKBP Muhammad Dafi Bastomi, dan Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 1715/Yahukimo.

Dalam kunker itu, Penjabat Gubernur Velix didampingi Penjabat Ketua TP PKK Papua Pegunungan Ibu Herwin Meiliantina Wanggai, para asisten Setda Papua Pegunungan dan sejumlah kepala OPD. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box