Bupati Spei Yan Bidana saat menyambut Penjabat Gubernur Provinsi Papua Pegunungan, Velix Vernando Wanggai di Banndara Oksibil saat Kunker, Sabtu, 27 Januari 2024.

JAYAPURA (PB.COM)Bupati Pegunungan Bintang (Pegubin), Provinsi Papua Pegunungan, Spei Yan Bidana, ST,M,Si mendorong kabupaten yang dipimpinnya menjadi Pusat Kegiatan Strategi Nasional (PKSN) karena berada di wilayah perbatasan negara dengan Papua Nugini maupun dengan dua provinsi lainnya yakni Papua dan Papua Selatan.

“Untuk itu, kami sedang usulkan pembangunan tiga PLBN (Pos Lintas Batas Negara—Red.) yakni PLBN Batom, PLBN Okyop, dan PLBN Atoam. Jadi tadi saya sudah sampaikan hal ini kepada Bapak Penjabat Gubernur untuk menjadi atensi bersama,” kata Bupati Spei Yan Bidana usai Rapat Koordinasi dengan Penjabat Gubernur Provinsi Papua Pegunungan, Dr. Velix Vernando Wanggai, S.IP,MPA, Sabtu, 27 Januari 2024 di Oksibil.

Menurut Bupati Spei, letak Pegunungan Bintang yang strategis dimana berbatasan dengan negara Papua Nugini dan dua provinsi lainnya, menjadi alasan kuat dirinya untuk mendorong pengembangan kawasan dan geospasial maupun geostrategis politik di wilayah itu.

Ia menjelaskan, berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 43 Tahun 2020, Pusat Kegiatan Strategis Nasional (PKSN) adalah kawasan yang ditetapkan untuk mendorong pengembangan Kawasan Perbatasan Negara. Oleh karena itu, Pegubin sangat layak untuk dikembangkan menjadi PKSN ke depan.

“Tetapi dengan pendekatan pembangunannya berbasis spatial planning, culture approach dan education approach. Maka lahirnya Universitas Okmin Papua ini bisa menjadi laboratorium yang menggerakan kebudayaan sebagai soft diplomasi. Juga kamidorong agar dibentuk Wilayah Adat ayau dalam Antropologi dikenal dengan Wilayah Kebudayaan Ok Mek Min, di dalamnya termasuk Pegunungan Bintang dan sebagian wilayah Yahukimo, Keerom dan Boven Digoel. Kita perjuangkan akan masuk RPJMN 2025-2045,” tegas Spei.

Pada kesempatan itu, di hadapan Penjabat Gubernur Velix dan rombongan, mantan Kepala Bappeda Pegubin ini juga menyampaikan rencana pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) di Pegubin yakni Kabupaten Ketengban, Okmin Papua, dan Okmin Papua Selatan untuk 20 tahun ke depan.

“Jadi seluruh masyarakat Pegunungan Bintang harus duduk rumuskan dan bicarakan konsep pengembangan, termasuk penataan wilayah. Kami sudah menyiapkan kajian untuk tiga DOB ini,” tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, Penjabat Gubernur Provinsi Papua Pegunungan, Dr. Velix Vernando Wanggai, S.IP,MPA melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin), Sabtu, 27 Januari 2024.

Dengan menggunakan pesawat kecil jenis Caravan milik SAM Air, Pj.Gubernur Velix dan rombongan tiba di Bandara Oksibil sekitar Pkl. 10.00 WIT dari Dekai, Yahukimo, tempat kunker sebelumnya.

Bupati Pegubin Spei Yan Bidana, ST,M,Si bersama Wakil Bupati Kris Bakweng Uropmabin, ST, Sekretaris Daerah Jeni Linthin, ST,M.Si, Forkopimda dan sejumlah kepala OPD menyambut gubernur dan rombongan.

Dalam kunker itu, Penjabat Gubernur Velix didampingi Penjabat Ketua TP PKK Papua Pegunungan Ibu Herwin Meiliantina Wanggai, para asisten Setda Papua Pegunungan dan sejumlah kepala OPD. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box