Bupati Yalimo Dr. Nahor Nekwek, S.Pd,MM didampingi Direktur RSUD Er Dabi Yalimo, dr. Nataniel Immanuel Hadi, M.Kes,FISQua, dan Kepala Dinas Kesehatan Yalimo Anton Nekwek, SKM foto bersama Sekretaris Eksekutif KARS dr. Djoti Admojo, Sp.A,MARS,FisQua usai penyerahan sertifikat akreditasi , Senin, 29 Januari 2024 di Kantor KARS, Jakarta.

JAYAPURA (PB.COM)—RSUD Er Dabi milik Pemerintah Daerah Kabupaten Yalimo, Provinsi Papua Pegunungan, dinyatakan lulus akreditasi oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS), setelah dilakukannya survei dan penilaian oleh Tim KARS sepanjang 18-20 Desember 2023 yang lalu.

Sertifikat kelulusan akreditasi bagi RSUD Er Dabi itu diserahkan oleh Sekretaris Eksekutif KARS dr. Djoti Admojo, Sp.A,MARS,FisQua dan diterima langsung oleh Bupati Yalimo Dr. Nahor Nekwek, S.Pd,MM, Senin, 29 Januari 2024 di Kantor KARS, Jakarta.

“Bapak Bupati, dengan bangga kami dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit menyerahkan sertifikat akreditasi rumah sakit untuk RSUD Er Dabi,” kata Sekretaris Eksekutif KARS dr. Djoti Admojo sesaat sebelum menyerahan akreditasi itu.

Bupati Yalimo Nahor Nekwek dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas penilaian yang telah diberikan oleh Tim KARS bagi RSUD Er Dabi. Dengan adanya akreditasi ini, ia ingin ke depan rumah sakit ini bisa semakin berkembang dan berkualitas untuk melayani masyarakat Papua, tidak hanya di Yalimo.

“Kami dari Pemerintah Daerah Kabupaten Yalimo merasa bangga dan mengucap syukur dalam pelayanan bapa ibu anggota KARS, yang rela lakukan perjalanan jauh-jauh ke Yalimo, sampai 7 jam di pesawat untuk lakukan survei dan penilaian. Saya ingin rumah sakit kami ke depan, orang lain juga datang berobat karena letak Yalimo yang sangat strategis di pertengahan jalan darat Jayapura menuju Wamena,” kata Bupati Nahor.

Menurut Nahor, akreditasi yang diterima dari KARS ini harus menjadi pelecut semangat bagi para dokter, tenaga medis dan seluruh karyawan RSUD Er Dabi untuk bekerja dan melayani pasien sepenuh hati. Sekaligus juga menjadi kesempatan untuk memperbaiki dan meningkatkan pelayanan yang masih kurang.

Bupati Yalimo Dr. Nahor Nekwek, S.Pd,MM (tengah) didampingi Direktur RSUD Er Dabi Yalimo, dr. Nataniel Immanuel Hadi, M.Kes,FISQua (kiri), dan Kepala Dinas Kesehatan Yalimo Anton Nekwek, SKM (kanan)

“Dokter Natan ini saya culik di jalan. Ini kalimat yang tidak bagus tapi fakta yang saya buat. Dia punya semangat yang tinggi agar rumah sakit ini bisa berubah. Dan akhirnya terbukti. Dulu rumah sakit kami itu rumput tinggi. Tetapi saat diberi kepercayaan jadi bupati dua tahun ini, tugas pertama saya adalah benahi rumah sakit ini, dan saya ajak dr Natan. Semoga ke depan kita naik kelas lagi,” tuturnya.

Motivasi Untuk Melayani

Sementara itu Direktur RSUD Er Dabi Yalimo, dr. Nataniel Immanuel Hadi, M.Kes,FISQua mengatakain, pencapaian di enam bulan pasca peresmian rumah sakit ini menjadi momentum untuk mengajak seluruh Civitas Hospitalia RSUD Er Dabi agar bisa semangat dan termotivasi dalam pelayanan.

“Puji Tuhan, semua berkat kasih-Nya, perjuangan keluarga besar RSUD Er Dabi dapat memperoleh hasil yang terbaik. Atas nama manajemen, kami ucapkan terima kasih kepada Ketua Tim Akreditasi RSUD Er Dabi, dr. Hendrico Kabanga beserta Ketua Pokja. Juga terima kasih kepada seluruh Civitas Hospitalia RSUD Er Dabi yang telah bekerja keras menyiapkan proses akreditasi ini,” kata dr Nataniel.

Menurutnya, akreditasi ini mampu diraih karena adanya semangat dan kekompakan untuk mau berubah dalam pelayanan dari seluruh karyawan RSUD Er Dabi selama proses persiapan hingga masa akreditasi pada 18-20 Desember 2023 lalu. Tim Surveior KARS terdiri dari dr. Lia Imelda Siregar, M.Kes, FISQua sebagai Surveior Manajemen dan Patricia Rani Rumondang, S.Kep,Ns,MAN,FISQua selaku Surveior Keperawatan.

“Tentu saja tidak lepas dari dukungan Pemerintah Daerah Yalimo melalui Bupati Nahor, Bapak Sekda dan Kepala Dinas Kesehatan yang lama Bapak Yunus Sambom dan yang baru Bapak Anton Nekwek, yang selalu memberikan kami support untuk bekerja melayani masyarakat Yalimo,” tegas pria yang sedang menempuh pendidikan doktor di Universitas Hasanuddin Makassar ini.

Kepala Dinas Kesehatan Yalimo Anton Nekwek, SKM mengucapkan selamat, apresiasi dan rasa bangga atas kelulusan akreditasi yang diraih oleh RSUD Er Dabi, sekalipun baru saja diresmikan 6 bulan yang lalu.

“Direktur langsung bergerak cepat memenuhi standar pelayanan untuk maju akreditasi ini. Kami sangat apresiasi semangat seperti ini. Semoga semangat ini ditularkan ke Puskesmas di seluruh Yalimo yang saat ini belum terakreditasi agar dapat segera berupaya dalam tahun ini bisa terakreditasi,” kata Anton.

Sekedar diketahui, RSUD Er Dabi ini baru enam bulan lalu diresmikan oleh Penjabat Gubernur Papua Pegunungan, Nikolaus Kondomo, SH,MH bersama Bupati Yalimo, Nahor Nekwek disaksikan langsung tim dari Kementerian Kesehatan RI, Rabu, 21 Juni 2023. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box