Stanis Hike, SH, Caleg DPRD Kota Jayapura dari Partai Gerindra Nomor Urut 2 Dapil 3 Distrik Heram dan Muara Tami.

JAYAPURA (PB.COM)Perhelatan pesta demokrasi bertajuk Pemilihan Legislatatif (Pileg) tinggal empat hari lagi. Tepatnya pada 14 Februari 2024, seluruh rakyat Indonesia diajak untuk menyalurkan hak pilihnya secara serentak, bersamaan dengan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Wakil Presiden periode 2024-2029.

Salah satu Calon Legislatif (Caleg) yang patut diperhitungkan pada perebutan kursi DPRD Kota Jayapura adalah Stanis Hike, SH. Sebagai pendatang baru di Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan terdaftar dengan Nomor Urut 2 dari Daerah Pemilihan (Dapil) 3 yakni Distrik Heram dan Muara Tami ini, Stanis memiliki basis massa yang kuat, yang pernah mengantarnya meraih kursi DPRD Kota Jayapura pada Pileg 2019 lalu.

Ditemui di sela-sela kesibukannya, pria kelahiran Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur, 15 November 1959 yang pernah 34 tahun berpengalaman menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) mengatakan, dunia politik yang digelutinya selama kurang lebih 3 tahun 7 bulan membawa pengalaman baru yang menyenangkan.

“Banyak orang selalu menganggap politik itu kotor dan tipu daya. Tetapi sesungguhnya politik itu sesuatu yang baik, bisa membawa perubahan dan kemajuan masyarakat. Tergantung dari setiap politisi. Saya sejak 2019 lalu tetap pada komitmen yang sama bahwa politik itu harus membawa kebaikan bersama, bonum commune bagi masyarakat,” kata Stanis Hike, Sabtu, 10 Februari 2024.

Stanis mengisahkan, selepas mengakhiri karier sebagai ASN di Lingkungan Pemda Provinsi Papua pada akhir tahun 2017, ia tertarik dengan dunia politik dan mendaftar masuk partai politik melalui Partai NasDem. Pada Pileg 2019, ia berhasil terpilih menjadi anggota DPRD Kota Jayapura Periode 2019-2024 dari Dapil III.

Stanis Hike saat melaksanakan tugas sebagai Ketua Komisi D DPRD Kota Jayapura.

 

Setelah dilantik pada bulan 7 Oktober 2019, dalam penyusunan Alat-alat Kelengkapan Dewan (AKD), Stanis terpilih menjadi Ketua Komisi D yang membidangi sektor Pendidikan, Kesehatan, Kesejahteraan sosial dan Ketenagakerjaan.

 

“Dalam mengemban tugas selaku Anggota Legislatif ini, saya tetap menghayatinya sebagai suatu panggilan. Sebab melalui wadah politik ini, saya boleh menjaring aspirasi masyarakat sehingga banyak hal menyangkut kepentingan banyak orang bisa didorong dan diperjuangkan untuk mewujudkan kebaikan bersama,” katanya.

Ia menjelaskan, sebagai bentuk keberpihakan terhadap daerah pemilihan (Dapil), walaupun belum menjangkau di semua tempat, tetapi ada bukti nyata berupa capaian program pembangunan lingkungan dari aspirasi warga yang terealisasi dan dirasakan. Hal ini tentu kembali kepada masyarakat yang menilai.

Stanis Hike bersama istri tercinta Clara Setiani dan ketiga anaknya.

“Namun dalam perjalanan waktu tugas yang diemban, karena berhubung satu dan lain, saya hanya melaksanakan tugas selama 3 tahun 7 bulan dan memilih mundur pada bulan Juni 2023 untuk mendaftar kembali jadi Caleg melalui Partai Gerindra Dapil 3 Distrik Heram dan Muara Tami,” tutur suami dari Clara Setiani ini.

Lima Komitmen Stanis

Menurut Stanis, dirinya tidak ingin memberi janji-janji yang muluk bagi rakyat Kota Jayapura, terutama di Daerah Pemilihan saya yakni Dapil 3 (Distrik Heram dan Muara Tami). Namun ia memiliki lima (5) komitmen kuat untuk mendorong dan mengawal pembangunan di sejumlah sektor kehidupan masyarakat, yang dalam pandangan saya sangat mendesak dan prioritas untuk dilakukan.

Stanis Hike saat melaksanakan tugas sebagai Ketua Komisi D DPRD Kota Jayapura.

Pertama, Mendorong kerja sama lintas sektor baik Pemerintah, Adat, Agama maupun Paguyuban untuk mengambil peran menciptakan Kota Jayapura sebagai Kota yang nyaman dihuni, dengan proaktif mendorong penertiban peredaran Minuman Keras (Miras) dan Narkoba, pembongkaran praktik prostitusi terselubung yang merasakan warga, serta menekan kriminalitas yang kian tinggi di Kota Jayapura.

Kedua, Mewujudkan terciptanya Kota Jayapura yang bebas banjir, dengan mendorong Dinas terkait agar membuat perencanaan terpadu dalam penanganan banjir yang terus terjadi, serta mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya, kebersihan drainase dan penanaman kembali pohon pada daerah yang gundul (reboisasi) untuk menjaga debet air minum yang kian berkurang.

Stanis Hike bersama keluarga Flobamora Papua dalam sebuah momen.

Ketiga, Bekerja sama dan mendorong dinas terkait untuk melakukan pendataan terhadap anak putus sekolah agar kembali bersekolah atau memberi pelatihan keterampilan kerja guna menekan angka pengangguran.

Keempat, Mendorong dan bekerjasama dengan dinas terkait dalam pemenuhan kebutuhan operasional pelayanan kesehatan baik pada Puskesmas maupun Pustu yang ada di Kota Jayapura agar lebih maksimal dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi warga Kota Jayapura.

Stanis Hike saat terlibat kegiatan di Gereja Katolik Paroki Kristus Terang Dunia Waena.

Kelima, Dalam bidang Pendidikan, saya akan mendorong dan bekerjasama dengan dinas terkait untuk terus melakukan evaluasi dan inventarisasi pemenuhan kebutuhan baik Sarpras maupun Tenaga Pendidik pada semua jenjang, baik pada Sekolah Negeri maupun Yayasan agar mutu layanan pendidikan di Kota Jayapura tetap terjaga bahkan menjadi lebih baik ke depan.

Pada Partai Gerindra, Stanis mengaku menemukan wadah berpolitik yang didambakan. Sebab partai ini memiliki komitmen yang kuat memprakarsai gerakan perubahan bagi bangsa Indonesia, menjunjung tinggi kebhinekaan, memperjuangkan sistem demokrasi yang bersih serta mendorong tata kelola pemerintahan yang semakin baik, dengan keberpihakan yang nyata dan dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

“Karena itu, saya memohon dukungan warga Kota Jayapura di Dapil III Distrik Heram dan Muara Tami pada Pileg 14 Februari mendatang untuk memilih saya, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Nomor Urut 2 atas nama Stanis Hike, SH,” tutup Ketua Ikatan Keluarga Flobamora Kota Jayapura ini. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box