Wakil Bupati Pegunungan Bintang (Pegubin), Provinsi Papua Pegunungan, Kris Bakweng Uropmabin, ST resmi mendaftar sebagai salah satu bakal calon bupati Pegubin periode 2024-2029 di Kantor Sekretariat DPD I Partai Golkar Provinsi Papua Pegunungan, Kota Wamena, Senin, 29 April 2024.

WAMENA (PB.COM)Wakil Bupati Pegunungan Bintang (Pegubin), Provinsi Papua Pegununungan, Kris Bakweng Uropmabin, ST resmi mendaftar sebagai salah satu bakal calon bupati Pegubin periode 2024-2029 dalam pesta demokrasi bertajuk Pilkada Serentak, 27 November 2024 mendatang.

Langkah politik pria yang juga menjabat Ketua Harian DPD II Partai Golkar Pegunungan Bintang itu disampaikannya kepada sejumlah awak media usai mengambil formulir pendaftaran di Kantor Sekretariat DPD I Partai Golkar Provinsi Papua Pegunungan, Kota  Wamena, Senin, 29 April 2024.

“Kepada orang tua dan seluruh masyarakat Pegunungan Bintang, hari ini saya nyatakan siap maju mencalonkan diri sebagai bakal calon Bupati Kabupaten Pegunungan Bintang periode 2024-2029,” tegas Kris Bakweng dalam rilis yang diterima media ini.

Menurut Kris, pengambilan formulir pendaftaran kali ini menjadi jawaban tegas dan pasti tentang sikap politiknya pada Pilkada Pegubin tahun ini. Sekaligus menjawab pertanyaan dari sejumlah besar masyarakat, pendukung dan simpatisannya.

“Pada kesempatan ini saya menyatakan bahwa sesuai surat perintah DPP Partai Golkar tahun 2023  Nomor: Sprin-1238/DPP/GOLKAR/XI/2023 serta surat pemberitahuan DPP Partai Golkar Nomor: B-II38/GOLKAR/IV/2024 bahwa  DPD Partai Golkar Provinsi dan DPD Kabupaten Pegubin untuk tidak memperkenankan untuk melakukan kegiatan penjaringan Bakal Calon nama baru untuk Calon Bupati Pegunungan Bintang,” tegasnya.

Ia mengatakan, usia yang masih muda bukanlah halangan untuk maju dalam percaturan politik di Pegubin kali ini. Sebab di Indonesia saat ini, trend kepala daerah dipimpin oleh orang-orang muda semakin banyak. Bahka,n salah satu contoh nyata saat ini adalah Wakil Presiden RI terpilih Gibran Rakabuming Raka yang masih sangat muda dan menjadi inspirasi bagi jutaan anak muda lainnya.

“Gibran adalah salah satu tokoh milenial muda yang terpilih sebagai pemimpin bangsa saat ini. Karena itu, sebagai salah satu anak muda di Papua, saya pun percaya diri siap bertarung dalam Pilkada Kabupaten Pegunungan Bintang,” tutur Kris yang juga mantan Ketua IMPPETANG ini.

Ketika ditanya soal dinamika yang terjadi dalam kubu Partai Golkar terkait pencalonan dirnya, mantan Ketua Fraksi Golkar DPRD Pegubin ini menegaskan, hingga saat ini dirinya belum menerima informasi lisan maupun tertulis dari DPD Golkar Provinsi maupun DPP Golkar.

”Pada prinsipnya, Partai Golkar secara hirarki mengakui dan mendukung kader partai yang mempunyai kontribusi dan loyal terhadap partai. Sehingga sampai detik ini, sebagai Ketua Harian Golkar yang juga ikut memberikan kontribusi dalam Pemilihan Legislatif Februri 2024 kemarin, saya percaya diri akan tetap mendapat rekomendasi nanti. Sekalipun, informasi resmi terkait hal itu belum ada,” urainya.

Kris menambahkan, pihaknya baru saja menerima surat pemberitahuan bagi provinsi maupun kabupaten/kota bahwa bagi yang sudah menerima surat perintah, masih harus menunggu instruksi selanjutnya untuk mencalonkan diri sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati dan atau bakal calon wali kota dan wakil walikota di seluruh Indonesia.

”Soal berpasangan dengan partai mana, Golkar tak membatas. Sebab itu kan hak demokrasi. Pada prinsipnya, sebagai salah satu kader Partai Golkar yang telah mengantongi surat perintah menjadi Bakal Calon Bupati Pegunungan Bintang, saya siap maju dan bertarung dalam Pilkada tahun ini,” tutupnya. (Meky Uropmabin/GMR)

Facebook Comments Box