Bakal Calon Bupati Tolikara, Irinus Wanimbo, SH

WAMENA (PBC.COM)Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak bakal digelar di seluruh provinsi dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Salah satunya ialah Kabupaten Tolikara di Provinsi Papua Pegunungan.

Sejumlah nama mulai bermunculan di publik untuk siap bertarung menjadi calon bupati Tolikara. Salah satunya yang ramai jadi pembicaraan publik ialah nama Irinus Wanimbo, SH, mantan ajudan Bupati Tolikara 2012-2022 Usman G. Wanimbo.

Bakal Calon Bupati Tolikara Irinus Wanimbo saat bersama massa pendukungnya.

Pria kelahiran Kampung Egoni, Distrik Gilubandu, 5 November 1983 ini pada 2023 lalu berani meninggalkan karirnya sebagai polisi yang dirintisnya selama 18 tahun dan memilih menjadi politisi bergabung di PDI Perjuangan.

Pada Pemilihan Legislatif 2024 lalu, Irinus Wanimbo sukses menjadi salah salah dari sembilan Caleg PDIP 2024-2029 terpilih dan mencatat sejarah sebagai partai pemenang yang siap memegang palu sidang di DPRD Tolikara.

Jauh sebelum pencapaian politik itu, Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Provinsi Papua Pegunungan Spei Yan Bidana, ST,M.Si sudah menilai sosok Irinus Wanimbo atau akrab disapa Irwan itu.

Bagi Spei Bidana, Irwan adalah kader energik dan militan yang akan mencetak sejarah politik baru di Tolikara. Dan penilaian Bupati Pegunungan Bintang ini terbukti dengan pencapaian 9 kursi pada Pileg 14 Februari 2024.

Ketua DPD PDIP Papua Pegunungan Spei Yan Bidana, ST,M.Si (kedua dari kanan) saat kampanye di Lapangan Pendidikan Karubaga, 8 Februari 2024.

“Irinus itu bupati jadi. Dia sudah lakukan konsolidasi ke seluruh distrik. Kader muda dan energik seperti ini yang harus kita dorong menjadi pemimpin di Tolikara. Dia sudah kerja, turun ke bawah bertemu masyarakat, dekat dengan rakyat, dan mendengar kebutuhan rakyat sesuai visi PDI Perjuangan,” kata Spei Bidana pada kampanye akbar di Lapangan Pendidikan Karubaga, 8 Februari 2024.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua Pegunungan Ignasius Hasim, S.Ag.

Hal senada diakui oleh Sekretaris DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua Pegunungan Ignasius Hasim, S.Ag. Sebab Irwan adalah sosok di balik kemenangan PDIP di Tolikara. Bagi Ignas, Keputusan Irwan untuk meninggalkan karir kepolisian dan menjadi politisi telah dihitungnya matang-matang.

“Dan dia punya target menjadi bupati. Saya yakin dia akan menang. Saya kenal baik dia, sosok anak muda tipikal petarung yang sangat luar biasa. Kami sadar betul bahwa Kabupaten Tolikara sejak berdiri tahun 2002, PDIP tidak pernah mendapat kursi DPRD sebanyak ini. Tetapi ketika Irwan bergabung dengan PDIP dan bekerja keras dengan pengurus dan kader di Tolikara, kami bisa dapat 9 kursi,” katanya.

Yesman Kogoya, S.Kom, calon terpilih DPRD Tolikara dari PDI Perjuangan

Sementara itu, Yesman Kogoya, S.Kom, calon terpilih DPRD Tolikara dari PDI Perjuangan menegaskan, salah satu keunggulan Irinus Wanimbo ialah sosok yang tidak pilih kasih, tidak sukuisme, dan merangkul semua orang, terutama anak-anak muda.

“Pak Irwan memang sangat cocok menjadi pemimpin. Kehadirannya di tengah masyarakat selalu memberi semangat. Dia memberi aura positif baik bagi anak muda maupun orang tua. Saya yakin jika menang dan menjadi bupati, kelak beliau akan naik kelas menjadi gubernur beberapa tahun ke depan. Karena karakter kepemimpinannya beda,” tutur Yesman.

Irinus Wanimbo saat kampanye akbar PDIP di Lapangan Karubaga, 8 Februari 2024.

Dengan modal kemenangan Pileg 2024, Irwan pun didorong menjadi Bakal Calon Bupati Tolikara periode 2024-2029. Pada Jumat, 3-4 Mei 2024, ia sudah mendaftar secara resmi di Kantor DPC PDIP Tolikara diantar ratusan massa.

Tak hanya PDIP. Irwan juga mendaftar di Partai Golkar. Pantauan papuabangkit.com, pada Selasa, 7 Mei 2024, Irwan didampingi Sekretaris DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua Pegunungan Ignasius Hasim, S.Ag menyambangi Kantor Sekretariat DPD I Golkar untuk mengembalikan berkas formulir pendaftaran yang telah diambil sehari sebelumnya. Irwan resmi mendaftar maju sebagai Bakal Calon Bupati di partai berlambang pohon beringin itu.

Bakal Calon Bupati Tolikara Irinus Wanimbo, SH saat menyerahkan berkas formulir pendaftaran kepada pengurus DPD I Golkar Provinsi Papua Pegunungan.

“Kenapa saya ambil formulir Partai Golkar? Karena partai ini adalah salah satu partai politik paling tua selain PDI dan PPP di tahun 1980-an. Sebagai partai besar, saya yakin mereka lebih matang berpolitik, ada massanya, dan ada kursinya. Kalau gabung dengan kami pasti ada warna tersendiri,” kata Irwan. (Gusty Masan Raya)

Facebook Comments Box