PMI Gorontalo salurkan bantuan korban banjir

PMI
PMI

Gorontalo : Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Gorontalo menyalurkan bantuan kepada korban banjir bandang di di Desa Totopo, Juria, dan Desa Bilato Kecamatan Bilato, Juga Desa Motoduto dan Desa Tolite Kecamatan Boliyohuto, Ahad.

Bantuan yang disalurkan berupa peralatan mandi, sejumlah peralatan bayi dan balita juga untuk para ibu hamil dan menyusui yang menjadi korban banjir.

Khusus Desa Juria Dan Totopo di Kecamatan Bilato akhirnya dapat diakses karena beberapa hari sejak banjir besar melanda sebagian besar wilayah Kabupaten Gorontalo, dua desa itu terisolir akibat akses utama menuju ke lokasi tersebut digenangi banjir sedalam hampir dua meter.

“Dari hasil pantauan kami, Kondisi dua Desa ini sangat memprihatinkan, terlihat ada beberapa rumah warga yang rusak berat juga rusak ringan, serta sejumlah areal perkebunan milik warga rusak diterpa banjir besar,” ungkap Wakil Bupati Gorontalo, Fadli Hasan yang juga ketua PMI Kabupaten Gorontalo saat ditemui di lokasi banjir Bilato.

Usai memantau kondisi korban banjir di Kecamatan Bilato, Fadli bersama rombongan melanjutkan pemantauan kondisi terkini korban banjir di Desa Motoduto dan Tilote Kecamatan Boliyohuto.

Melihat kondisi terkini para korban banjir, Wabup Fadli menjelaskan, Pemerintah Daerah selanjutnya akan fokus pada penanganan pasca banjir.

“kembali apa saja penyebab terjadinya banjir tersebut, sehingga kedepan kejadian seperti ini tidak akan terulang lagi,” katanya.

Selain itu, Wakil Bupati juga mengatakan akan segera memperbaiki sejumlah fasilitas umum yang rusak untuk dibenahi kembali.

“Bencana ini pasti menimbulkan kerugian yang tidak sedikit. Apalagi sampai melumpuhkan sarana juga fasilitas umum yang ada,” jelasnya.

Fadli Hasan juga menjelaskan akan mengkaji penyebab-penyebab terjadinya banjir sehingga bencana seperti itu diharapkan tidak akan terulang kembali di masa mendatang.

Untuk penanganannya sendiri Fadli mengatakan akan melibatkan semua pemangku kepentingan juga akan meminta bantuan kepada Pemerintah Pusat lewat Kementrian terkait.

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *