Demi Rakyat, Samuel Tabuni Terima Kekalahan di Pilkada Nduga

Samuel Tabuni
Samuel Tabuni

JAYAPURA (PB) : Calon Bupati Nduga, Papua, Samuel Tabuni yang dari hasil pleno penetapan hasil pemilihan kepala daerah (Pilkada) daerah beribukota Kenyam itu kalah dari pemenang pasangan Yairus Gwijangge, mengaku legowo menerima kekalahannya dan tak akan melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Berbicara pada pers di Jayapura, Minggu (26/02/2017), Samuel yang juga ketua DPD partai NasDem Nduga mengakui sebagai calon yang kalah tipis dan melihat ada dugaan kecurangan, sudah sewajarnya dia menggugat ke MK.

“Hanya saja bersama pasangan saya pak Obed Gwijangge memutuskan legowo. Kita tak mau justru akan menjadi perpecahan. Mengingat, harus diakui masyarakat di Nduga 85 persen relatif buta huruf dan sangat mudah diprovokasi. Kita juga melihat pengalaman kekacauan yang akan ditimbulkan sebagai konsekuensi sebuah gugatan menuntut keadilan. Kami tak mau korbankan masyarakat,” sebut Samuel.

Samuel yang saat pencalonan didukung partai NasDem, PDIP dan Hanura menambahkan, kabupaten Nduga adalah daerah baru yang masih berusia 9 tahun. Maka sudah sepantasnya semua yang ingin menjadi pemimpin memberikan contoh pada masyarakat dengan menerima hasil demokrasi yang ada.

“Sebagai calon melihat yang paling penting dari Pilkada adalah satukan masyarakat ke arah yang lebih baik dan sejahtera. Itu yang kita semua cita-citakan. Kami berharap daerah lainnya bisa mencontoh kami di Nduga yang semuanya berakhir dengan damai, meski selalu dianggap daerah rawan saat pilkada. Semua calon sudah legowo,” bebernya.

Dirinya juga menyesalkan sikap para calon pemimpin seperti di Intan Jaya, yang harus sampai mengorbankan masyarakat demi mencapai tujuan.

“Mari belajar dari kami di Nduga. Pakailah sikap siapa yang terpilih adalah semua terpilih. Saya merasa pak Yairus menang sama dengan Samuel menang. Kalau pemimpin bersatu pasti rakyat bersatu. Itu kunci menuju pembangunan yang maksimal,” pungkasnya.

Adapun hasil pleno KPU Nduga pada 23 Februari menempatkan pasangan Yairus Gwijangge-Wentius Nimiangge unggul dengan perolehan 43424 disusul pasangan Samuel Tabuni-Obed Gwijangge dengan 32.223 suara dan Daniel Lokbere-Las Nirigi dengan perolehan suara 14.225. (admin)

 

 

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *