GenRe Sukses Hingga ke Pelosok

Suasana Rakor BKKBN
Suasana Rakor BKKBN

“Launching website iGenRe”

JAYAPURA (PB) : Program Generasi Berencana (GenRe) yang diinisiasi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) sukses menjangkau hingga ke pelosok daerah di Indonesia. Hal ini dikatakan Kepala Badan Kependudukan dan Kaluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Papua, Charles Brabar pada acara launching website iGenRe di Jayapura, Selasa (28/2/2017).

“Hari ini kita luncurkan website  yang namanya iGenRe. iGenRe ini untuk penguatan terhadap generasi kita, dan juga di website ini juga ada tanya jawab seputar kehidupan para remaja dan bentuknya rahasia,” katanya.

Dijelaskan juga bahwa di website  tersebut juga ada berita-berita serta sejumlah pengetahuan tentang remaja harus bebas dari seks bebas, narkoba serta HIV dan AIDS. Dikatakan, selama ini pihaknya terus mengembangkan program GenRe hingga ke pelosok daerah, termasuk di seluruh wilayah di Provinsi Papua.

“Sosialisasinya seputar program GenRe yang bisa menjauhi remaja dari seks bebas, narkoba serta HIV dan AIDS,” ujarnya.

Sementara itu, Deputi bidang KB dan Kesehatan Reproduksi BKKBN Pusat, Dwi Listia Wardani menambahkan gerakan GenRe semakin marak diberbagai sekolah maupun komunitas remaja di Indonesia.

“Muatan GenRe nampaknya perlu diperluas bukan hanya menyangkut Kesehatan Reproduksi saja, tetapi perlu juga diberi muatan budaya anti korupsi,” katanya.

Dikatakan, kelangsungan GenRe di sekolah, menurut Wardani, juga perlu mendapat perhatian. Hal ini disebabkan banyaknya pengurus Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja atau Mahasiswa yang lulus namun kemudian tidak ada yang melanjutkan kepengurusannya.

“Untuk itu diperlukan kaderisasi pengurus dan juga harus melibatkan guru BK atau dosen pembimbing yang dapat mencetak pendidik sebaya atau konselor sebaya berikutnya,” ujarnya. (admin)

 

 

 

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *