Mama Dorkas Silak, Kepala Kampung “Inspirator” dari Yahukimo

Bupati Yahukimo Abock Busup menyerahkan bantuan uang tunai pada kepala kampung Walma, mama Dorkas Silak

YAHUKIMO (PB) : Kepala Kampung atau Desa di daerah pedalaman Papua, dewasa ini banyak diidentikan dengan sebutan “Makan gaji Buta” Alias tidak bekerja maksimal. Hal ini terpatahkan dengan apa yang ditunjukan Srikandi Kepala kampung Walma distrik Walma kabupaten Yahukimo, Papua, Dorkas Silak.

Meski daerahnya berada di pedalaman yang sulit dijangkau dan jauh dari kata kemajuan teknologi yang membuat bisa dengan mudahnya diketahui khalayak umum, Dorkas tetap menunjukan kegigihannya dalam bekerja membangun disana.

Status janda yang disandangnya, dan harus mengihidupi Tiga orang anak lelakinya, Dorkas tetap dipercaya masyarakat untuk memegang jabatan yang ditinggalkan suaminya almarhum Elia Punu.

Bupati Yahukimo Abock Busup meresmikan kantor kampung Walma yang dibangun mama Dorkas Silak dan masyarakat

Kerja keras membuka keterisolasian daerahnya. Tak kenal lelah membangun dan murah senyum pada masyarakat, membuat Dorkas, meskipun terlahir sebagai seorang wanita, begitu dikagumi dan dihargai masyarakat kampung Walma.

Salah satu keberhasilan dari mama Dorkas (begitu sapaan akrabnya) yang menjadi Kepala kampung yakni dengan penuh keterbatasannya, dia berhasil bahu-membahu dengan masyarakatnya membangun Kantor Kampung.

Bahkan, bangunan kantor kampung itu telah diresmikan langsung oleh Bupati Yahukimo, Abock Busup yang turun dan melihat langsung kampung Walma pada tanggal 20 Juni 2017 lalu.

Papan nama kantor kampung Walma yang diresmikan oleh Bupati Yahukimo Abock Busup yang dibangun mama Dorkas Silak dan masyarakat

Karena keuletan dan ketekunan yang dia tunjukan, membuat Bupati Yahukimo Abock Busup memberikan apresiasi yang besar. Tak tanggung-tanggung, tak hanya memberikan bantuan uang tunai, sang bupati langsung menetapkan memperpanjang jabatan Dorkas Silak sebagai kepala kampung Walma untuk Enam Tahun kedepan, yakni dari 2017-2022.

“Kita berikan apresiasi yang tinggi. Ini sosok wanita yang luar biasa. Selain sebagai ibu kita, dia juga ibu yang tangguh bagi anak-anaknya. Diluar itu, dia seorang kepala kampung yang bisa memimpin dengan luar biasa. Apa yang sudah dilakukan oleh ibu Dorkas Silak ini patut kita berikan apresiasi,” terang Bupati Abock saat dihubungi.

Mama Dorkas Silak (paling kiri) duduk bersama para kepala kampung lain dan undangan saat peresmian kantor kampung walma oleh bupati Yahukimo, Abock Busup

Dia menambahkan, apa yang dilakukan mama Dorkas sebagai kepala kampung Walma, wajib dicontoh oleh kepala kampung lainnya di Yahukimo dan Provinsi Papua pada umumnya. “Ini membuktikan tak ada yang tak mungkin dilakukan jika kita benar-benar ingin berusaha dengan sungguh-sungguh. Ditengah keterbatasan, mama Dorkas dan masyarakat kampung Walma sudah memberikan bukti bagi kita semua,” pungkas Bupati Abock Busup yang dikenal dekat dengan rakyat dengan selalu turun kampung dan melihat langsung kondisi disana. (Marcel/PB)

 

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *