Kominfo Papua Berencana Membuat “Blue Print”

Kepala Dinas Kominfo Provinsi Papua Kansiana Salle

JAYAPURA (PB) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) setempat berencana membuat cetak biru atau “blue print” bidang Teknologi Informasi (TI) untuk kepentingan PON XX tahun 2020.

Kepala Dinas Kominfo Provinsi Papua Kansiana Salle, di Jayapura, Rabu (30/8/2017), mengatakan tahun ini, pihaknya baru melakukan tender dimana pemenangnya sudah ada dan akan dilanjutkan dengan pembuatan cetak biru.

“Jadi pada pembuatan cetak biru tersebut, kami akan membicarakan permasalahan dalam menyiapkan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi, sumber daya manusia, aplikasi yang akan digunakan dan lain sebagainya,”jelasnya.

Menurut Kansiana, hingga kini pihaknya belum menemui kendala karena kontrak baru selesai ditandatangani dan diharapkan pengusaha dapat mulai melaksanakan tahapan-tahapan sesuai jadwal yang ditentukan.

“Tidak hanya itu, belum lama ini pertemuan Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Provinsi Papua dengan Presiden Joko Widodo di Jakarta juga membicarakan permasalahan bidang TI ini,” ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut, pihaknya juga meminta Kementerian Komindo untuk banyak terlibat dalam penyiapan infrastruktur TI karena pembiayaannya sangat mahal. “Kami juga berharap pembangunan palapa ring cepat terealisasi sehingga dapat dimanfaatkan dalam rangka pelaksanaan PON XX pada 2020 di Provinsi Papua,” katanya lagi.

Dia menambahkan sehingga nantinya uji coba penggunaan palapa ring pertama kali bisa digunakan untuk PON, juga mendukung rencana aksi program pemberantasan korupsi di Provinsi Papua. (YMF)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *