Motor Keliling Bantu Penanganan Cepat Korban Kekerasan Ibu dan Anak

Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Annie Rumbiak saat menyerahkan bantuan kendaraan mewakili Gubernur Papua, di halaman Kantor Badan PPPA Provinsi Papua disaksikan Kepala Badan PPPA Papua, Anneke Rawar.

JAYAPURA (PB) – Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provinsi Papua Anneke Rawar mendapat bantuan dari Kementerian Permberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia yakni kendaraan roda empat untuk 10 kabupaten dan provinsi di antaranya kepada Pemprov Papua, Biak Numfor, Keerom, Kota/Kabupaten Jayapura, Jayawijaya, Merauke dan Puncak Jaya.

Selain itu juga di akhir penghujung tahun ini PPPA Papua mendapatkan bantuan 14 unit motor, di mana 13 motor telah diserahkan langsung ke Kabupaten Biak, Nabire dan Merauke. “Yang masih ada di kita saat ini untuk Pemprov Papua, 6 kabupaten yaitu kabupaten/kota Jayapura, Keerom, Supiori, Puncak Jaya dan Jayawijaya,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provinsi Papua Anneke Rawar kepada wartawan usai penyerahan kepada 6 kabupaten/kota, Jumat (8/12/2017) di Jayapura.

Ia menjelaskan, pemberian motor keliling (morling) perlindungan perempuan dan anak ini, sangat dibutuhkan dan sangat bermanfaat sekali. Karena kendaraan ini akan digunakan untuk penanganan cepat terhadap korban kekerasan terhadap ibu dan anak.

Ia berharap untuk 11 Kabupaten yang belum mendapatkan kendaraan ini akan dapat bantuan lagi di tahun 2018 nanti.”Tahun ini kabupaten yang menerima bantuan motor ini 1 kabupaten mendapatkan 2 unit motor,” katanya.

Untuk itu kata Anneke, kabupaten/kota yang memdapatkan bantuan kendaraan ini agar dapat dipergunakan penanganan cepat terhadap kekerasan ibu dan anak. Motor yang dilengkapi dengan peralatan box itu, di dalamnya juga dilengkapi dengan kotak P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan). “Misalnya saja kalau ada kecelakaan dan pemukulan fisik maka di dalam box motor akan dilengkapi kotak P3K,” jelasnya.

Morling Bukan Untuk Kepentingan Pribadi

Pemerintah Provinsi Papua mengapresiasi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia yang memberikan bantuan kendaraan roda empat dan roda dua kepada Badan Pemberdayaan Perempuan dan Anak Provinsi Papua, yang nantinya akan diteruskan kepada 10 kabupaten/kota  berupa bantuan mobil dan 14 unit kendaraan roda dua kepada 6 kabupaten/kota.

Hal itu dikatakan Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat  Annie Rumbiak  saat menyerahkan bantuan kendaraan mewakili Gubernur Papua, di halaman Kantor Badan PPPA Provinsi Papua.

Annie berharap tentunya dengan bantuan kendaraan ini dapat terbina satu kerjasama yang baik  melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak. “Kami berpesan bantuan berupa kendaraan operasional untuk dinas ini sebagai kepedulian pemerintah pusat, yang kesemuamya untuk pelayanan kepada masyarakat terutama untuk perempuan dan anak,” harapnya.

Dengan bantuan kendaraan ini ada konektifitas atau penghubung antarwilayah yang satu dan juga lainnya terutama sekali lagi memberikan pelayanan dan juga sosialisasi bagi perempuan ibu dan anak, terkait masalah tindak kekerasan agar tidak lagi terjadi kekerasan di wilayah ini.

Di kesempatan itu dirinya menekankan bahwa bantuan kendaraan ini adalah untuk kepentingan masyarakat dan hanya digunakan untuk pelayanan dam bukan milik pribadi ataupun bukan digunakan untuk kepentingan pribadi. “Bantuan ini digunakan untuk pelayanan kepada masyarakat.Tolong digunakan untuk masyarakat dan bukan untuk individu atau kepentingan pribadi,” pesannya. (YMF/Ed-Fri)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *