Peringati Hari Lahir Pancasila, Semuwa Grup Pawai Jalan Santai Kerukunan

Semuwa Grup menggelar acara buka puasa bersama dan pawai jalan santai kerukunan umat beragama di Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu 1 Juni 2019.

JAYAPURA (PB.COM) – Rayakan Ulang Tahun ke-11, yang jatuh pada 1 Juni 2019 kemarin, Semuwa Grup menggelar acara buka puasa bersama dan pawai jalan santai kerukunan di Sentani, Kabupaten Jayapura.

Momen perayaan ulang tahun ini, sekaligus dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni dan hari Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Jayapura, pada 28 Mei 2016 silam. Serta sebagai apresiasi terhadap TNI Polri yang telah menjaga keamanan perhelatan Pemilu 2019 di bumi Kenambay Umbay.

Pawai jalan santai kerukunan dimulai dari gereja Eben Heizer dan  berakhir di masjid Al Aqsha Sentani. Diikuti oleh berbagai elemen masyarakat, unsur TNI Polri dan pelajar. Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Kabupaten Jayapura, Giri Widjayanto bersama perwakilan Muspida setempat, para tokoh agama, tokoh adat dan pelaku usaha.

Rasa Nasionalisme

Wakil Bupati Kabupaten Jayapura, Giri Wijayanto dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat kabupaten Jayapura untuk bersama sama menanamkan rasa nasionalisme guna menjaga keutuhan bangsa dan negara.

“Tidak boleh ada rasa sukuisme, daerahisme itu tidak boleh ada di kabupaten Jayapura. Meski kita berbeda suku, agama tetapi kita tetap satu sebagai bangsa Indonesia yang berlandaskan Pancasila,” serunya.

Perayaan hari lahir pancasila, menurut Giri, merupakan bukti bahwa kita adalah generasi penerus bangsa yang tidak pernah melupakan sejarah. “Hari ini kita telah meneruskan sejarah itu, mari kita bergandengan tangan bersama sama membangun daerah ini,” ajaknya.

Di kesempatan itu, Giri mewakili pemerintah Kabupaten Jayapura juga memberikan apresiasi kepada Semuwa Grup yang telah menggelar perayaan hari lahirnya pancasila.

Ketua FKUB Kabupaten Jayapura, Pdt Hosea Taudufu di kesempatan itu juga menyerukan untuk menjaga kerukunan hidup umat beragama. “Sebab tanpa ada kerukunan, kita akan terpecah belah. Jaga kerukunan itu wajib kita nyatakan sebagai umat yang bertakwa, dan beriman kepada Tuhan. Itu sudah kita tunjukkan melalui kegiatan jalan santai ini,” katanya.

Hosea juga mengajak seluruh masyarakat di kabupaten Jayapura untuk mendukung pemerintah dalam pembangunan. “Jayapura sebagai tanah damai, tidak boleh ada perbedaan pikiran, pendapat kehendak. Kita wajib mengedepankan pancasila sebagai jiwa roh hidup kita. Mari bergandengan tangan, kita bangun kabupaten ini sebagai rumah kita bersama,” ajaknya.

Mitra Pemerintah

Sementara itu, Direktur PT. Semuwa Grup, H. Wagus Hidayat dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat kabupaten Jayapura untuk menggelorakan kembali semangat kerukunan umat beragama yang menurutnya sejak dicanangkan tiga tahun lalu mulai pudar.

Menurutnya, sebagai pihak swasta yang menjadi mitra pemerintah tentunya harus ikut bertanggung jawab untuk melaksanakan setiap program yang telah dicanangkan oleh pemerintah. Seperti pencanangan zona integritas kerukunan umat beragama ini.

“Zona integritas ini sudah ditandangani oleh Bupati pada 2016 lalu. Tentunya ini tidak boleh mati, tetapi harus dihidupkan terus. Oleh karenanya bertepatan dengan ulang tahun Semuwa Grup yang telah ada selama 11 tahun, kami menyelenggarakan buka puasa bersama (bertepatan momen ramadhan) dan jalan santai dalam rangka memperingati hari lahirnya pancasila juga sekaligus memperingati hari kerukunan umat beragama,” jelas Dayat.

Berkaitan dengan perayaan HUT Semuwa Grup, pengusaha yang juga berprofesi sebagai pilot ini, berharap perusahaan yang dipimpinnya ini dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam pembangunan di kabupaten Jayapura.

“Insya Allah kehadiran Semuwa grup yang bergerak di sejumlah bidang usaha bisa bermanfaat untuk orang banyak. Sebab sebaik baiknya manusia adalah yang bisa bermanfaat untuk orang banyak.”

Semuwa grup yang didirikan 2008 silam semoga bisa menjadi motivasi bagi pelaku usaha lainnya untuk berkarya lebih baik lagi di kabupaten Jayapura.

Dalam acara buka bersama ini diawali doa lintas agama lalu penyerahan bantuan 1 unit mobil ambulance dari Semuwa Grup ke Polres Jayapura serta penyerahan Zakat melalui Baznas kabupaten Jayapura, penyerahan dana hibah dari Pemkab Jayapura kepada masjid dan gereja, serta penandatanganan komitmen bersama jaga kerukunan umat beragama. (Andi/Frida)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *