Sore Ini, Mantan Ibu Negara Ani Yudhoyono Dimakamkan di TMP Kalibata

Presiden Jokowi dan sejumlah pelayat mendampingi SBY dan keluarganya saat berdoa di depan jenazah Ibu Ani Yudhoyono di Kediaman Puri Cikeas, Jawa Barat.

JAKARTA (PB.COM)—Istri Presiden ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), mendiang Ani Yudhoyono sesuai rencana akan dimakamkan hari ini di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Seperti diketahui, Ani Yudhoyono wafat pada Sabtu (01/06/2019) setelah berjuang melawan kanker darah yang dideritanya sejak Februari lalu.

Deputi Media Kogasma sekaligus Ketua Yayasan AHY, Ni Luh Putu Caosa Indryani mengatakan, jenazah Ani Yudhoyono saat ini masih disemayamkan di Pendopo Cikeas, Puri Cikeas, Bogor, Jabar, pukul 08.00 WIB.

“Jenazah Ibu Ani disemayamkan di Pendopo Cikeas untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang akan memberikan penghormatan terakhir,” kata Caosa, dalam keterangannya, Minggu (02/6/2019).

Saat ini, jenazah Ani Yudhoyono sedang disalatkan di Pendopo Cikeas. Salat jenazah digelar setelah salat Dzuhur berjemaah. Kemudian, pada pukul 13.00 WIB, diadakan upacara persemayaman jenazah di lokasi yang sama. Setelahnya, jenazah di bawa menuju TMP Kalibata untuk dimakamkan. Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, dalam rencana, akan bertindak sebagai Irup persemayaman.

Upacara pemakaman akan dimulai pukul 15.00 WIB. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan bertindak sebagai Inspektur upacara pemakaman.

 

Presiden Jokowi Melayat

Sebelumnya, pada Sabtu malam (01/06/2019), Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo melayat ke kediaman Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Presiden ke-6 Republik Indonesia di kawasan Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat.

Tiba di rumah duka pada pukul 22.50 WIB, Presiden dan Ibu Iriana langsung masuk ke dalam rumah duka untuk menanti kedatangan jenazah Ibu Ani Yudhoyono dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta yang baru tiba dari Singapura pada pukul 22.00 WIB.

Pukul 23.05 WIB jenazah Ibu Ani Yudhoyono tiba di rumah duka. Tampak SBY didampingi kedua putranya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (EBY) juga tiba dan disambut kerabat yang telah menantinya.

Tak berapa lama, AHY dan EBY turut mengangkat peti jenazah untuk dibawa ke dalam rumah. Di dalam rumah juga tampak Presiden ke-3 Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie dan istri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ibu Mufidah Jusuf Kalla.

Dalam sambutannya, SBY menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang hadir di kediamannya.

“Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bapak Presiden beserta Ibu dan hadirin sekalian yang berkenan hadir di tempat kami ini, di rumah kami ini untuk berbagi rasa duka dengan saya dan keluarga atas kembalinya ke hadirat Allah SWT, istri tersayang Ani Yudhoyono, Kristiani Herrawati binti Sarwo Edhie Wibowo,” ucap SBY.

Usai menyampaikan belasungkawa dan turut menyalatkan jenazah, Presiden dan Ibu Iriana meninggalkan lokasi pada pukul 23.45 WIB untuk kembali ke Bogor. (Gusty Masan Raya/dbs)

 

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *