Ilustrasi kilang minyak/google

JAYAPURA (PB.COM) – Pemerintah Kabupaten Yahukimo berencana membangun kilang minyak Pertamina untuk lebih memudahkan pengisian bahan bakar demi memenuhi kebutuhan BBM di wilayah pegunungan Papua.

Terkait rencana ini, Bupati Kabupaten Yahukimo, Abock Busup menegaskan pihaknya akan melakukan pertemuan dengan lembaga terkait pada 14-15 Januari 2020 di Surabaya, guna membicarakan bagaimana mekanismenya.

“Lokasi sudah kami siapkan, sehingga pengisian bahan bakar untuk wilayah pegunungan akan dipusatkan di Yahukimo. Undangan sudah kami terima dan siap hadiri,” ujar Bupati Abock, di Jayapura, Kamis (9/1/2020).

Dia juga mengungkapkan bahwa bandara Nop Goliat Dekai akan membuka jalur penerbangan pesawat berbadan lebar, dengan rute Makassar – Sorong – Dekai.

“Bandara Nop Goliat Dekai memiliki panjang landasan pacu sepanjang 2.500 meter, dan tanahnya flat sehingga sangat ideal untuk pesawat berbadan lebar. Untuk ini kami sudah bersurat ke Menteri Perhubungan,” terang Abock.

Menurutnya, pihaknya sudah bertemu dengan Dirjen Perhubungan pada Desember 2019, dan nanti 2 atau 3 Februari 2020 akan dilakukan tes landing pesawat berbadan lebar (Batik Air dan Citylink) dari Makassar, Timika dan Dekai. “Semoga rencana ini bisa terjawab sesuai harapan kami,” harapnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan akan mengembangkan Bandar Udara (Bandara) Nop Goliat, Dekai, Kabupaten Yahukimo, 2020 mendatang. Ini untuk mewujudkan Bandara Nop Goliat menjadi salah satu bandara transit bagi wisatawan selain di Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

“Kami akan lebih banyak pergerakan pembangunan di sana. Selain menyiapkan untuk pesawat berbadan lebar, kami juga akan persiapkan untuk pembangunan dua bandara perintis di Distrik Korupun dan Soba,” ujar Menteri Budi. (Andi/Frida)

Facebook Comments Box