JAYAPURA (PB.COM) – Pemerintah Provinsi Papua telah menyiapkan lahan untuk relokasi warga tinggal di sekitar kompleks Stadion Papua Bangkit (Spaba), Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura.

Sekda Papua Hery Dosinaen kepada wartawan, Senin (24/2/2020) mengatakan, Pemprov akan melakukan konsolidasi agar relokasi tersebut secepatnya rampung.

“Relokasi sudah ada tempat, tinggal nanti kita akan konsolidasikan secepatnya bulan ini supaya penataan oleh Kementerian PUPR ini bisa cepat berlangsung,” kata Sekda.

Sementara itu, Ketua Harian PB PON Papua Yunus Wonda memastikan warga yang tinggal di kompleks Stadion Papua Bangkit (Spaba), Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, sudah siap untuk direlokasi.

Pihaknya pun meminta Pemerintah Provinsi Papua untuk segera menyiapkan biaya ganti rugi untuk merelokasi warga tersebut, supaya penataan kawasan Spaba oleh Kementerian PUPR bisa segera dijalankan.

“Tetapi sekarang yang menjadi pertanyaan apakah pemerintah provinsi sudah siap (membayar ganti rugi atau) tidak? Sebab ini bukan menjadi tanggungjawab PB PON Papua. Tetapi pemerintah daerah,” terang Yunus.

Ia berharap, relokasi tersebut dapat dilakukan dalam waktu yang tidak terlalu lama. Sebab seluruh proses pembangunan dan penyiapan venue, mesti rampung sebelum Juli 2020 mendatang.

Sebelumnya, Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo berharap Pemprov Papua segera merampungkan relokasi warga yang tinggal di kawasan Spaba. Bila sudah tuntas, pihaknya segera mendorong penataan kawasan di Spaba.

“Kita mau tata kawasan tapi masih ada rumah warga. Untuk itu, kita minta dukungan dan bantuan Pemprov Papua untuk menuntaskan relokasi,” tambahnya. (Toding)

Facebook Comments Box