Wagub Ajak Masyarakat Biasakan Diri Konsumsi Pangan Lokal

Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal, SE.MM saat memberikan bansos kepada orang asli Papua.

JAYAPURA (PB.COM) – Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal, SE.MM mengajak seluruh masyarakat yang ada di Bumi Cenderawasih agar membiasakan mengonsumsi pangan lokal.

“Mari kita coba membiasakan masyarakat di Papua, siapa pun dia, bukan OAP saja. Siapa saja untuk membiasakan diri mengonsumsi makanan lokal bahkan kita,” ungkapnya kepada wartawan di Jayapura, Sabtu (16/5/2020).

Menurutnya, pemberian bantuan pangan lokal kepada warga di tengah wabah pandemic Covid-19  sebagai kebijakan pemerintah. “Ini akan menjadi nilai tambah bagi mama Papua, untuk masyarakat pangan lokal ini akan sangat baik,” jelasnya.

Ia menjelaskan, pemberian pangan lokal merupakan kebijakan pemerintah, dengan demikian masyarakat diminta tetap berdiam diri di rumah. “Selain itu juga kita ingin pastikan dagang mama Papua tidak mubazir, sehingga kita beli semua untuk didistribusikan waktu pembagian sembako tadi, ada unsur lokalnya seperti sayur mayur dan ubi,” katanya.

Selain itu, kata Klemen Tinal pemberian pangan lokal sebagai stimulan kepada masyarakat lokal bahwa produk lokal mempunyai nilai jual yang baik, apalagi jika kemas dengan baik dan marketnya diatur dengan baik.

“Itu yang kita mau edukasi, selain itu juga supaya semua orang di Papua membiasakan diri lebih tertarik mengkonsumsi makanan lokal, sebab makanan lokal jelas berkualitas, bergizi dan sehat,” harapnya.

Hanya saja, kata mantan Bupati Mimika tersebut bahwa selama ini masyarakat sudah teribiasa mengkonsumsi makanan yang sudah ada. “Namun karena kita sudah terbiasa mengkonsumsi makanan yang ada saat ini, namun secara kesehatan sebenarnya tidak terlalu baik,” tambahnya.

Harapanya, 5-10 tahun ke depan, orang Papua akan lebih senang mengonsumsi pangan lokal. Sebab suplay indimennya tingginya otomatis harga akan lebih mahal, sebab semua orang akan lebih membutuhkan mengonsumsi pangan lokal. “Itu yang sedang stimulan, kita minta wartawan juga sebagai agent off changes jadi bagian mendukung pikiran itu,” tambahnya. (Toding)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *